ANALISIS KONDISI SOSIAL EKONOMI PETANI KOPIPADA SAAT PANDEMI COVID-19 DI DESA AGUSEN KECAMATAN BLANGKEJEREN KABUPATEN GAYO LUES

Erma Wati (2021), ANALISIS KONDISI SOSIAL EKONOMI PETANI KOPIPADA SAAT PANDEMI COVID-19 DI DESA AGUSEN KECAMATAN BLANGKEJEREN KABUPATEN GAYO LUES . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Petanimerupakan salah satu yang mengelolaatau yang bercocok tanam dalam memenuhi kebutuhan hidup masing-masing dalam kebutuhan hidup keluarganya, baik dalam menanam tanaman pangan dan lainnya. Dengana danya petani kopi memberikan pengaruh besar terhadap kondisi sosial ekonomi. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kondisi sosial ekonomi petani kopi masyarakat Desa Agusen. Penelitian ini dilakukan di Desa Agusen Kecamatan Blangkejeren Kabupaten GayoLues. Populasi yang dilakukan dalam penelitian ini adalah seluruh petani kopi Desa Agusen. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 61 petani kopi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah koesioner penelitian. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.


Hasil penelitianini yang telah dilakukan peneliti yaitu berdasarkan uji t test yang sudah dianalisis menggunakan bantuan program excel dapat disimpulkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel (5,5131 >1,6576) yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Bahwa terdapat pengaruh petani kopi pada saat pandemic covid-19 terhadap perekonomian. Saran dari peneliti hendaknya pemerintah memberikan peningkatan keterampilan kepada masyarakat, mengadakan penyuluhan terhadap pentingnya pengelolaan kopi, supaya menjadi masyarakat yang sejahtera dan membantu peningkatan pendapatan masyarakat.

Kata kunci : kondisi sosial ekonomi dan petani kopi pada saat pandemi covid-19

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Erma Wati
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Geografi (2021)
Tanggal disimpan : 03-12-2021 12:10
Terakhir diubah : 13-01-2022 11:54
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2121
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!