ANALISIS PENGEMBANGAN OBJEK WISATA AIR TWEJUN ALUR BATU KECAMATAN TENGGULUN KABUPATEN ACEH TAMIANG

Firda Nadila S (2021), ANALISIS PENGEMBANGAN OBJEK WISATA AIR TWEJUN ALUR BATU KECAMATAN TENGGULUN KABUPATEN ACEH TAMIANG. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan hidup manusia, sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Salah satu sumber daya alam yang diminati masyarakat adalah pariwisata. Pariwisata merupakan kegiatan wisata yang dilakukan oleh individu atau kelompok dari satu tempat atau tempat asal ke tempat lain yang bersifat sementara. Perkembangan kepariwisataan di suatu daerah dapat meningkatkan kebanggaan nasional.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan pemerintah dalam pengembangan wisata Air Terjun Alur Batu. Sumber data penelitian terdiri atas dua sumber yaitu data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan dengan teknik wawancara dilapangan, sedangkan data sekunder berupa dokumen resmi dari instansi Dinas Pariwisata kabupaten Aceh Tamiang. Subjek dalam penelitian ini seluruh kawasan wisata Air Terjun Alur Batu, sedangkan objek yaitu pengembangan wisata Air Terjun Alur Batu. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomologi. Data penelitian dilakukan analisis menggunakan analisis SWOT.


Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis pengembangan objek wisata Air Terjun Alur Batu Kecamatan Tenggulun Kabupaten Aceh Tamiang dimana dapat disimpulkan bahwasanya belum ada upaya-upaya dari pemerintah terhadap lokasi objek wisata Air Terjun Alur Batu sehingga lokasi wisata tersebut belum dikelola dan dikembangkan dengan baik karena mengelola salah satu lokasi objek wisata tersebut membutuhkan dana yang tinggi untuk dapat mengubah suatu objek wisata dengan baik sehingga dapat meningkatkan wisatawan dalam berkunjung ke lokasi objek wisata tersebut. Faktor yang menyebabkan objek wisata air terjun alur batu belum dikelola dan dikembangkan dengan baik ialah Pemerintah dari Dinas Pariwisata belum mendapatkan izin dari Pemerintah Daerah (Bupati) Aceh Tamiang.

Kata kunci : Pengembangan, Objek Wisata, Air Terjun Alur Batu, Kelurahan Tenggulun, Kabupaten Aceh Tamiang.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Firda Nadila S
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Geografi (2021)
Tanggal disimpan : 30-11-2021 13:32
Terakhir diubah : 28-12-2021 13:45
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2091
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!