PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DAN DENGAN TIDAK ALAT PERAGA

Eka Dewi Sri Lestari (2020), PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DAN DENGAN TIDAK ALAT PERAGA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Matematika merupakan pelajaran yang kurang diminati ataupun disenangi oleh siswa, karena matematika dianggap pelajaran yang paling menakutkan  dan sulit difahami oleh siswa, akibatnya siswa tidak hanya akan kesulitan dalam mempelajari matematika, tetapi juga akan berdampak buruk pada hasil belajar siswa, salah satu cara untuk mengatasi permasalahan ini yaitu dengan menggunakan alat peraga kerangka besi limas yang bertujuan untuk memudahkan siswa dalam memahami dan menarik minat siswa dalam proses pembelajaran bangun ruang sisi datar.


            Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedan hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar (limas) meningkat setelah menggunakan alat peraga kerangka besi limas.


            Didalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Adapun sampe dalam penelitian ini diambil kelas VIII-A dan kelas VIII-C SMP Negeri 2 Kuala Simpang yang berjumlah 48 siswa, tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes akhir, tes akhir diberikan untuk melihat hasil belajar matematika siswa setelah digunakan alat peraga kerangka besi limas pada materi bangun ruang sisi datar (limas).


            Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kuala Simpang yang diajarkan dengan menggunakan alat peraga kerangka besi limas materi bangun ruang sisi datar (limas), adapun besarnya perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kuala Simpang yang diajarkan dengan menggunakan alat peraga kerangka besi limas materi bangun ruang sisi datar (limas) adalah 4,09


            Saran yang diharapkan kepada guru matematika untuk dapat menggunakan alat peraga kerangka besi limas sebagai solusi untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada proses pembelajaran matematika terkhusus pada materi bangun ruang sisi datar (limas).

Kata kunci : Hasil belajar, alat peraga.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Eka Dewi Sri Lestari
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2020)
Tanggal disimpan : 30-11-2021 13:27
Terakhir diubah : 03-12-2021 02:17
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2020
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2089
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!