PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) BERMEDIAKAN PAPAN SPLDV TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DI SMP NEGERI 10 LANGSA

Jannuh Safna Nasution (2022), PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) BERMEDIAKAN PAPAN SPLDV TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DI SMP NEGERI 10 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pendidikan adalah pembelajaran, pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Dalam proses pembelajaran diharapkan siswa dapat aktif  dalam setiap pembelajaran, terkhususnya pembelajaran matematika. Salah satu model pembelajaran yang menunjang hal tersebut adalah model Missouri Mathematics Project (MMP). Pada model Missouri Mathematics Project (MMP) siswa diposisikan sebagai subjek pembelajaran yang diharapkan dapat memberi ide-ide dan konsep matematika melalui eksplorasi masalah-masalah nyata.


             Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Missouri Mathematics Project (MMP) bermediakan papan SPLDV terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara kelas VIII-Fatimah yang menggunakan model Missouri Mathematics Project (MMP) sebagai kelas eksperimen dengan kelas VIII-Bilal yang menggunakan pembelajaran konvensional sebagai kelas kontrol di SMP Negeri 10 Langsa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Langsa yang berjumlah 137 siswa dan sampel penelitian ini adalah kelas VIII-Fatimah dan kelas VIII-Bilal.


            Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan posttest-only control design. Sampel penelitian ini terdiri dari 14 siswa kelas eksperimen dan 12 siswa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa dokumentasi dan tes tertulis yang memuat indikator kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV).


            Berdasarkan  hasil uji hipotesis dua pihak, -t(1-1/2α) < t < t(1-1/2α) atau -2,064 < 3,13 < 2,064 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Ha diterima artinya pada taraf kepercayaan atau taraf signifikan 95% terdapat pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Projects (MMP) bermediakan papan SPLDV terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis di SMP Negeri 10 Langsa.


            Sarannya bagi sekolah, berdasarkan adanya penelitian ini disarankan sekolah dapat lebih memperhatikan model-model pembelajaran yang telah banyak berkembang untuk digunakan para guru pada saat pembelajaran dikelas

Kata kunci : Missouri Mathematics Project (MMP), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Jannuh Safna Nasution
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2022)
Tanggal disimpan : 24-11-2021 16:54
Terakhir diubah : 20-04-2022 02:35
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2060
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!