PENGUJIAN KINERJA PENDINGINAN THERMO ELECTRIC COOLING (TEC) MEGGUNAKAN HEATSINK DENGAN VARIASI DIMENSI DAN JENIS MATERIAL

Muhammad akbar (2021), PENGUJIAN KINERJA PENDINGINAN THERMO ELECTRIC COOLING (TEC) MEGGUNAKAN HEATSINK DENGAN VARIASI DIMENSI DAN JENIS MATERIAL. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Generator termoelektrik adalah sebuah perangkat generator listrik yang mengkonversi energy panas menjadi listrik secara langsung berdasarkan metode efek seebeck yaitu’’ jika dua buah logam yang berbeda di sambungkan salah satu ujungnya,kemudian diberikan suhu yang berbeda pada sambungan maka akan terjadi perbedaan tegangan pada ujung yang satu dengan ujung yang lain, penelitian ini menggunakan peltier TEC-12706, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh perbedaan suhu antara sisi dingin dengan sisi panas dari rancangan heatsink/sirip yang di variasikan. Komponen termoelektrik Ini dilapisi oleh Keramik tipis yang berisi Batang Bismuth Telluride Didalamnya. Ketika di Supply Tegangan DC sebesar 12volt-15volt Dan Arus 2-5A. Material ruangan pendingin dari styrofoam, dengan alat pembuang kalor berupa heat sink fan. Variasi yang dilakukan pada jumlah termoelektrik yang digunakan. Pengambilan data dilakukan dengan memasang voltmeter, ampermeter dan termokopel pada posisi yang telah ditentukan kemudian tiap-tiap alat ukur akan menampilkan data. Data-data kemudian diolah menggunakan program Microsoft Excel yang dapat menghasilkan bentuk grafik. Dengan bentuk grafik, pembahasan dan pengambilan kesimpulan dapat dilakukan dengan mudah.

Kata kunci : Kotak Pendingin, Termoelektrik, Heatsink, Styrofoam, Power Suplay

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Muhammad akbar
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Mesin (2021)
Tanggal disimpan : 24-11-2021 16:45
Terakhir diubah : 03-12-2021 05:32
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2059
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!