ANALISIS DAYA DUKUNG LINGKUNGAN EKOWISATA PANTAI PULAU RUKUI ACEH TAMIANG

Dini ashari (2021), ANALISIS DAYA DUKUNG LINGKUNGAN EKOWISATA PANTAI PULAU RUKUI ACEH TAMIANG. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya dukung lingkungan Ekowisata Pantai Pulau Rukui di Aceh Tamiang.


Penelitian ini dilaksanakan di di Pantai Pulau Rukui Kampung Alur Nunang, Kecamatan Banda Mulia, Kabupaten Aceh Tamiang. Subjek penelitiannya terdiri  dari  dua  bagian  yaitu  (1)  subjek untuk  penentuan  nilai  ECC yang  terdiri  dari  variable abiotik Pantai Pulau Rukui; (2)  subjek  untuk  untuk penilain kapasitas manajemen tempat wisata petugas dan pengelola wisata. Objek  untuk  penentuan  ECC  merupakan variabel abiotik  berupa,  rasio bulan  kering-bulan  basah, kelerengan,  kepekaan  erosi tanah. Objek untuk penilain kapasitas manajemen tempat wisata adalah hasil wawancara kepada petugas dan pengelola wisata terhadap kondisi dan pelayanan pariwisata. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan obeservasi, studi dokumenter dan wawancara dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil perhitungan Daya Dukung Lingkungan Ekowisata Pantai Pulau Rukui Di Aceh Tamiang yang didapat adalah PCC sebesar 53.169 pengunjung/hari, RCC sebesar 33.858 pengunjung/hari dan ECC sebesar 33.858 pengunjung/hari atau sebanyak 1.015.740 pengunjung/bulan. Dengan demikian nilai PCC > RCC dan nilai RCC = ECC. Artinya pengelola masih sangat bisa meningkatkan jumlah wisatawan sampai pada batas 33.858 pengunjung/hari atau sebanyak 1.015.740 pengunjung/bulan.

Kata kunci : Daya dukung Lingkungan, Ekowisata, PCC, RCC, ECC.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Dini ashari
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Geografi (2021)
Tanggal disimpan : 24-11-2021 11:23
Terakhir diubah : 01-12-2021 14:40
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2050
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!