NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU KOMIK "BELAJAR IS FUN"

Nurliza Aryana (2022), NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU KOMIK "BELAJAR IS FUN". Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pendidikan karakter merupakan sebuah proses pembelajaran untuk menanamkan nilai-nilai luhur budi pekerti, jujur, yang berakar pada ajaran agama, adat istiadat, dan nilai-nilai ke Indonesiaan dalam rangka mengembangkan kepribadian peserta didik agar menjadi manuisa yang bermartabat, menjadi warga negara yang berkarakter sesuai dengan nilai-nilai luhur dan perjuangan para tokoh perjuangan bangsa Indonesia.  


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai Penguatan Pendidikan Karakter yang terkandung dalam buku komik “Belajar Is Fun” . 


Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan analisis konten. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Menggunakan Model Zuchdi dan Afifah, yang terdiri dari, pengadaan data, pengurangan/reduksi data, inferensi dan analisis. 


Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam buku komik “Belajar Is Fun” terdapat nilai Penguatan Pendidikan Karakter, yaitu : (1) Mandiri (2) Gotong Royong, (3) Integritas. 


 Saran dalam penelitian ini di harapkan nilai-nilai Penguatan Pendidikan Karakter dapat diimplementasikan dalam diri peserta didik dan juga kehidupan sehari-hari. Kepada guru, dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran yang dapat mempermudah dalam membentuk karakter anak. Kepada siswa, dapat meningkatkan sikap yang berkarakter dalam kehidupan sehari-hari. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi untuk penelitian dan sebagai bahan digunakan sebagai referensi untuk penelitian dan sebagai bahan perbandingan untuk memperdalam penelitian selanjutnya. 

Kata kunci : Nilai Penguatan Pendidikan Karakter, Komik

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nurliza Aryana
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2022)
Tanggal disimpan : 18-11-2021 20:28
Terakhir diubah : 17-03-2022 12:45
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2015
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!