PENGARUH KEBERADAAN INDUSTRI KECIL BATU BATA TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI PENGRAJIN DI DESA PANTAI BALAI KECAMATAN SERUWAY

Kartini (2021), PENGARUH KEBERADAAN INDUSTRI KECIL BATU BATA TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI PENGRAJIN DI DESA PANTAI BALAI KECAMATAN SERUWAY. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Industri kecil merupakan industri yang potensial untuk dikembangkan dipedesaan. Industri kecil mempunyai peranan sebagai penyedia lapangan kerja didaerah pedesaan. Industri kecil dapat menciptakan peluang usaha yang luas dengan pembiayaan yang relatif lebih murah. Dengan demikian, Desa Pantai Balai membuka peluang usaha yaitu dengan adanya industri kecil batu bata. Desa Pantai Balai memiliki potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang baik khususnya tanah liat. Dengan keberadaan industri kecil batu bata dapat memberikan pengaruh yang baik bagi pengrajin batu bata untuk menambah pertumbuhan ekonomi. Rumusan masalah bagaimana pengaruh keberadaan kegiatan industri batu bata terhadap kondisi sosial ekonomi pengrajin di Desa Pantai Balai. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh keberadaan kegiatan industri kecil batu bata di Desa Pantai Balai.


Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengrajin batu bata yang ada di Desa Pantai Balai. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu total sampling, dimana jumlah populasi yang kurang dari 100, seluruh populasi dijadikan sampel. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan Uji Hipotesis (Paired Sample T Test).


Hasil penelitian yang telah peneliti lakukan menunjukkan bahwa berdasarkan uji T-tes yang dilakukan dianalisis menggunakan bantuan program excel dapat peneliti simpulkan bahwa t-Hitung > t-Tabel (3,5 > 2) sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima, maka terdapat pengaruh keberadaan industri batu bata terhadap kondisi sosial ekonomi pengrajin di Desa Pantai Balai Kecamatan Seruway.

Kata kunci : Industri Kecil Batu Bata, Kondisi Sosial Ekonomi, Pengrajin Batu Bata.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Kartini
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Geografi (2021)
Tanggal disimpan : 18-11-2021 15:50
Terakhir diubah : 14-12-2021 15:57
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2009
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!