ANALISIS NILAI PELAJAR PANCASILA DALAM FILM DENIAS: SENANDUNG DI ATAS AWAN

Tasya Misriah (2021), ANALISIS NILAI PELAJAR PANCASILA DALAM FILM DENIAS: SENANDUNG DI ATAS AWAN. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pada saat sekarang ini pendidikan karakter sedang gencar dilakukan pemerintah, hal ini dapat terlihat dari Perpres RI nomor 87 tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter dan Renstra kemdikbud 2020-2024 yang berkomitmen untuk menciptakan profil pelajar pancasila. Pelajar pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai pelajar pancasila dalam film Denias: senandung di atas awan. Pembentukan nilai pelajar pancasila pada siswa sekolah dasar sangat penting dilakukan mengingat pendidikan di sekolah dasar merupakan fondasi awal yang akan berpengaruh terhadap karakter siswa selanjutnya. Setelah penelitian ini selesai maka peneliti akan mengetahui nilai-nilai pelajar pancasila yang terdapat dalam film Denias: Senandung Di atas Awan.


Metodelogi penelitian dalam peneltian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian non interaktif. Data yang dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis konten. Tahapan analisis konten antara lain yaitu: (1) Menyerap konten, (2) Menentukan unit analisis, (3) Mengembangkan kode-kode unik, (4) Melakukan pengkodean awal, (5) Menetapkan konten kode, (6) Mengidentifikasi keseluruhan kategori kode, (7) Mengidentifikasi tema/pola setiap kategori, dan (8) Menggambarkan interpretasi dan implikasi dari data.


Hasil penelitian diketahui terdapat 6 nilai pelajar pancasila dalam Film Denias: Senandung Di atas Awan. Nilai pelajar pancasila yang terdapat dalam film Denias: Senandung Di atas awan meliputi: (1) nilai beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, (2) berkebinekaan global, (3) bergotong royong, (4) mandiri, (5) bernalar kritis, dan (6) kreatif.


Diharapkan kepada guru dapat memanfaatkan film Denias: Senandung Di atas awan sebagai media pembelajaran karena film ini cocok jika dijadikan media pembelajaran dalam upaya penanaman nilai pelajar pancasila sesuai komitmen kemendikbud. Diharapkan kepada siswa agar lebih bijaksana dalam memilih film yang kan ditonton, salah satu film yang baik ditonton siswa yaitu film Denias: senandung di atas awan karena terdapat nilai pelajar pancasila yang dapat dipraktikkan dalam kegiatan sehari-hari, sehingga kelak akan menjadi manusia dan warga negara yang berkarakter sesuai nilai pancasila. Untuk peneliti selanjutnya bisa meneliti lebih banyak film pendidikan agar memberi inspirasi dan menjadi tolak ukur untuk penelitian berikutnya. 

Kata kunci : Nilai Pelajar Pancasila, Film Denias: Senandung Di atas Awan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Tasya Misriah
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2021)
Tanggal disimpan : 18-11-2021 15:17
Terakhir diubah : 10-02-2022 12:51
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2008
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!