TOKSISITAS EKSTRAK KASAR ETANOL TANAMAN LENGKAP RUKU-RUKU (OCIMUM TENUIFLORUM L.) MENGGUNAKAN METODE BRINE LETHALITY TEST (BSLT)

Mutia elsi (2021), TOKSISITAS EKSTRAK KASAR ETANOL TANAMAN LENGKAP RUKU-RUKU (OCIMUM TENUIFLORUM L.) MENGGUNAKAN METODE BRINE LETHALITY TEST (BSLT). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tanaman ruku-ruku (Ocimm tenuiflorum L.) merupakan tanaman herbal yang mengandung senyawa flavonoid, terpenoid, alkaloid, steroid, tanin, dan sopanin.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana toksisitas ekstrak kasar etanol bunga, daun, dan batang ruku-ruku (Ocimum tenuiflorum L.) menggunakan metode Brine Shrimp Lethality Test (BSLT) yang ditunjukkan dengan nilai LC50. Penelitian ini menggunakan 540 larva udang (Artemia Salina Leach) yang dibagi menjadi satu kontrol negatif dan 3 kelompok seri konsentrasi ekstrak, masing-masing terdiri dari 15 ekor larva udang (Artemia Salina Leach) dengan replikasi 3 kali untuk tiap kelompok perlakuan. Konsentrasi ekstrak berturut-turut adalah 1000, 100, dan 10 ppm. Hasil pengamatan terhadap larva yang mati adalah 24 jam setelah pemberian ekstrak. Hasil dari analisis probit menunjukkan nilai LC50 dari ekstrak kasar etanol daun ruku-ruku (Ocimum tenuiflorum L.) adalah 45,70 ppm, pada batang ruku-ruku (Ocimum tenuiflorum L.) diperoleh nilai LC50 25,70 ppm, dan pada bunga ruku-ruku (Ocimum tenuiflorum L.) diperoleh nilai LC50 20,41 ppm. Hal ini menunjukkan bahwa ekstrak kasar etanol daun, batang, dan bunga ruku-ruku (Ocimum tenuiflorum L.) memiliki potensi toksisitas terhadap larva Artemia Salina Leach sehingga berpotensi sebagai antikanker.

Kata kunci : Ruku-ruku (Ocimum tenuiflorum L.), BSLT, Artemia Salina Leach. LC50

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Mutia elsi
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Kimia (2021)
Tanggal disimpan : 18-11-2021 09:52
Terakhir diubah : 18-11-2021 15:48
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1997
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!