PENGARUH MODEL VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTETIK (VAK) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS V SD NEGERI 1 LANGSA

M. Sobirin (2021), PENGARUH MODEL VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTETIK (VAK) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS V SD NEGERI 1 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Dalam pembelajaran, berbagai masalah yang dijumpai diantaranya siswa kurang mampu memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru sehingga hasil belajar siswa kurang sesuai dengan yang diharapkan. Siswa mudah lupa terhadap materi pembelajaran yang telah dipelajari dan siswa terlihat kurang memiliki semangat saat kegiatan pembelajaran. Maka peneliti mencoba menerapkan model  Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) terhadap hasil belajar kognitif siswa.


Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V SD Negeri 1 Langsa.


Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Reasearch). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas V A sebanyak 27 siswa dan kelas V B sebanyak 27 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi.


 Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikasi 0,000 < 0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V SD Negeri 1 Langsa.


Penggunaan model Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) hendaknya dapat dikembangkan lebih lanjut untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dengan mengoptimalkan ketiga modalitas belajar sehingga para siswa dapat lebih aktif dan tertarik dalam pembelajaran.

Kata kunci : Model Visualization, Auditory dan Kinestetic (VAK), Hasil Belajar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : M. Sobirin
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2021)
Tanggal disimpan : 17-11-2021 18:46
Terakhir diubah : 18-11-2021 13:16
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1996
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!