PENGARUH PENGGUNAAN MODEL MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 7 KELAS III SD NEGERI SUNGAI IYU

Tri Setiawan Budi (2021), PENGARUH PENGGUNAAN MODEL MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 7 KELAS III SD NEGERI SUNGAI IYU. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya interaksi antar siswa dan guru. Pembelajaran berpusat pada guru sehingga proses pembelajaran menjadi tidak efektif dan monoton. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menggunakan model Meaningful Instructional Design (MID) dalam proses pembelajaran.


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar antara model Meaningful Instructional Design (MID) dan model konvensional.


Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, Jenis penelitian eksperimen quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Variabel bebasnya model (MID), Variabel terikatnya hasil belajar siswa. Populasi penelitian siswa kelas III SD Negeri Sungai Iyu 2 kelas. Sampelnya seluruh kelas III berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan datanya tes, observasi, dan dokumentasi dengan pengujian independen sample t-test yang teruji normalitas dan homogenitasnya.Berdasarkan perhitungan nilai Sig.           (2-Tailed) adalah 0,000 lebih kecil dari pada 0,005.


Berdasarkan perhitungan spss statistic yang dapat dilihat pada lampiran bahwa dari ketentuan nilai Sig. (2-Tailed) adalah 0,000 lebih kecil dari pada 0,005. Maka dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Model Meaningful Instructional Design (MID) Terhadap Hasil Belajar kognitif Siswa SD Negeri Sungaiyu.


Penelitian ini diharapkan dapat membuat siswa lebih semangat dalam pembelajaran. Untuk guru agar dapat menjadikan model Meaningful Instructional Design (MID) ini sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kepada peneliti selanjutnya, diharapkan agar dapat meneliti tentang model Meaningful Instructional Design (MID) ini lebih dalam lagi dan berbeda dari penelitian sebelumnya

Kata kunci : Meaningful Instructional Design, Hasil Belajar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Tri Setiawan Budi
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2021)
Tanggal disimpan : 17-11-2021 15:18
Terakhir diubah : 21-11-2021 17:48
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1992
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!