NILAI PENDIDIKAN KARAKTER YANG TERDAPAT DALAM BUKU CERITA RAKYAT NUSANTARA

Ade Rizkia Mahfuza (2022), NILAI PENDIDIKAN KARAKTER YANG TERDAPAT DALAM BUKU CERITA RAKYAT NUSANTARA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pendidikan karakter merupakan upaya untuk membantu perkembangan jiwa anak-anak baik lahir maupun batin dari sifat kodratnya menuju ke arah peradaban yang manusiawi dan lebih baik Sehubungan dangan adanya sistem pendidikan merupakan langkah awal dalam memperbaiki karakter anak-anak bangsa. salah satunya dengan pendidikan karakter, pendidikan karakter adalah penanaman nilai-nilai yang baik pada anak-anak bangsa, seperti halnya sikap, moral, serta tingkah laku dalam kehidupan sehari-hari.


Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam buku cerita “Cerita Rakyat Nusantara”. Dimana pada penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sebanyak apa nilai pendidikan karakter yang terdapat didalamnya, mengingat buku bacaan cerita rakyat nusantara ini merupakan buku yang paling disenangi oleh kalangan anak usia sekolah dasar.


Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan metode analisis konten. Analisis konten ialah sebuah desain penelitian dengan menggunakan seperangkat prosedur untuk membuat inferensi yang valid dari teks (Weber, 1990, hlm. 9). Analisis konten merupakan teknik untuk menganalisis makna dari komunikasi yang dilakukan oleh manusia. Komunikasi dimakani kontenya baik berupa komunikasi secara lisan ataupun tulisan. Dalam penelitian ini, analisis konten berdekatan dengan metode analisis data pada teks bacaan didalam buku cerita rakyat.


Hasil penelitian yang dilakukan pada buku cerita rakyat nusantara  diketahui terdapat 15 nilai karakter, diantaranya adalah nilai religius, nilai jujur, nilai toleransi, nilai disiplin, nilai kerja keras, nilai kreatif, nilai mandiri, nilai demokratis, nilai rasa ingin tahu, nilai semangat kebangsaan, nilai menghargai prestasi, nilai bersahabat/komunikatif, nilai cinta damai, nilai peduli sosial, dan nilai tanggung jawab. Kemudian nilai yang tidak terdapat dalam buku cerita rakyat nusantara ini adalah nilai gemar membaca, cinta tanah air dan peduli lingkungan.


Diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat bagi orang tua dalam memilih dan memberikan buku bacaan kepada anaknya. Terlebih lagi didalam buku ini memuat nilai karakter yang lengkap dengan balutan cerita yang menarik dan bahasa yang mudah dimengerti.

Kata kunci : Nilai Karakter, Cerita Rakyat

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Ade Rizkia Mahfuza
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2022)
Tanggal disimpan : 17-11-2021 10:42
Terakhir diubah : 14-02-2022 16:14
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1984
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!