ANALISIS NILAI KARAKTER CINTA TANAH AIR DALAM TAYANGAN SI BOLANG EPISODE PEWARIS TUNTONG PUSUNG KAPAL

Indah Astuti (2022), ANALISIS NILAI KARAKTER CINTA TANAH AIR DALAM TAYANGAN SI BOLANG EPISODE PEWARIS TUNTONG PUSUNG KAPAL. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kekuatan dan kebesaran suatu bangsa pada hakikatnya berpangkal pada kekuatan karakternya. Salah satu nilai karakter yang penting untuk ditanamkan pada anak adalah nilai karakter cinta tanah air. Pembangunan atau penanaman nilai karakter cinta tanah air dapat diajarkan dan diperkenalkan dengan berbagai cara, salah satunya ialah melalui proses sosialisasi dengan media massa seperti program yang di tayangkan dalam stasiun televisi dan tayangan video youtube. Salah satu tayangan yang digemari anak adalah tayangan Si Bolang (bocah petualang) yang memberikan pengetahuan dan hiburan.


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai karakter cinta tanah air dalam tayangan Si Bolang episode pewaris tuntong pusung kapal. Untuk mengetahui adakah nilai karakter cinta tanah air tayangan harus di identifikasi secara detail sehingga dapat menemukan nilai tarsebut.


Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian analisis konten. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis konten menurut Zuchdi dan Afifah dengan tahap pengadaan data, pengurangan (reduksi) data, inferensi, dan analisis. 


Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa di dalam Tayangan Si Bolang Episode Pewaris Tuntong Pusung Kapal diperoleh nilai karakter cinta tanah air.  nilai karakter cinta tanah air terdapat pada 19 adegan yaitu 4 adegan tentang menghargai jasa para tokoh/pahlawan nasional, 5 adegan tentang bersedia menggunakan produk dalam negeri, 9 adegan tentang menghargai keindahan alam dan budaya Indonesia dan 1 adegan tentang memilih berwisata dalam negeri.


Diharapkan bagi guru tayangan Si Bolang Episode Pewaris Tuntong Pusung Kapal dapat menjadi media pembelajaran untuk membangun nilai karakter cinta tanah air  agar pembelajaran menjadi lebih menarik. Bagi siswa dapat menjadikan referensi tayangan yang cocok pembelajaran nilai karakter cinta tanah air yang dapat diterapkan dikehidupan sehari-hari. Bagi Peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti nilai-nilai lainnya yang terdapat pada tayangan Si Bolang Episode Pewaris Tuntong Pusung Kapal.

Kata kunci : Nilai Karakter Cinta Tanah Air, Si Bolang

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Indah Astuti
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2022)
Tanggal disimpan : 17-11-2021 10:42
Terakhir diubah : 26-11-2021 20:45
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1983
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!