ANALISIS SOAL MATEMATIKA PADA BUKU PENDIDIKAN DASAR SINGAPURA DAN INDONESIA BERDASARKAN DIMENSI KOGNITIF TIMSS 2019

Monica Tiarma Purba (2022), ANALISIS SOAL MATEMATIKA PADA BUKU PENDIDIKAN DASAR SINGAPURA DAN INDONESIA BERDASARKAN DIMENSI KOGNITIF TIMSS 2019. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil laporan prestasi matematika siswa Indonesia di TIMSS pada tahun 2015 dan pentingnya matematika dalam perkembangan IPTEK. Pada tahun 2015 Indonesia memeiliki perbedaan skor yang jauh dengan Singapura yang merupakan negara yang menempati peringkat pertama. Hal ini menenunjukkan bahwa rendahnya kemampuan matematika siswa Indonesia dari pada siswa Singapura. Salah satu faktor penentu kemampuan matematika siswa yaitu buku teks pelajaran. Hal ini dikarenakan buku teks pelajaran merupakan salah satu perangkat dasar dalam proses pembelajaran yang di dalam buku terdapat soal-soal yang digunakan sebagai alat untuk mengukur kemampuan siswa.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan soal-soal evaluasi matematika pada buku siswa matematika Singapura dan Indonesia kelas IV pada pembelajaran semester I ditinjau berdasarkan implementasi dimensi kognitif Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) 2019.


 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan cara teknik analisis konten. Subjek dalam penelitian ini adalah soal evaluasi matematika kelas 4 dari Singapura dan Indonesia. Objek dalam penelitian ini yaitu dimensi kognitif TIMSS 2019. Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan analisis data dilakukan dengan cara teknik analisis data dari Lavrakas.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada buku matematika siswa kelas IV dari Singapura terdapat terdapat 34 soal evaluasi yang berada pada ranah knowing yang terdiri dari 5 recall, 5 recognize, 3 classify, 15 compute, 1 retrieve dan 5 measure. Pada ranah applying terdapat 21 soal evaluasi yang terdiri dari 8 determine, 3 represent, 10 implement dan pada ranah  reasoning terdapat 16 soal evaluasi yang terdiri dari  6 analyze, 9 integrate dan 1 justify. Pada buku matematika siswa kelas IV dari Indonesia pada pembelajaran semester I terdapat terdapat 36 soal evaluasi yang berada pada ranah knowing yang terdiri dari 1 recall, 7 recognize, 28 compute. Pada ranah applying terdapat 5 soal evaluasi yang terdiri dari 4 determine dan 1 implement,  dan pada ranah reasoning terdapat 7 soal evaluasi yang terdiri dari 2 analyze dan 5 integrate.


Diharapkan hasil dari analisis soal evaluasi pada buku matematika dari Singapura dan Indonesia tersebut dapat digunakan sebagai acuan untuk guru dalam memilih dan menyusun soal matematika berdasarkan dimensi kognitif siswa untuk meningkatkan kemampuan pengetahuan, penerapan dan penalaran siswa dan perlunya diadakan penelitian lebih lanjut yang menganalisis secara keseluruhan soal yang terdapat didalam kedua buku matematika kelas IV tersebut.

Kata kunci : Analisis Soal, Buku Teks, Dimensi Kognitif, TIMSS

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Monica Tiarma Purba
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2022)
Tanggal disimpan : 17-11-2021 10:42
Terakhir diubah : 21-01-2022 13:58
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1982
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!