USULAN PENJADAWALAN PERAWATAN PADA UNIT AIR CONTIONER (AC) SPLIT WALL DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABLITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) (STUDI KASUS : GEDUNG BIROKRASI UNIVERSITAS SAMUDRA – KOTA LANGSA)

MHD. ABDUL RAHMAN (2021), USULAN PENJADAWALAN PERAWATAN PADA UNIT AIR CONTIONER (AC) SPLIT WALL DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABLITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) (STUDI KASUS : GEDUNG BIROKRASI UNIVERSITAS SAMUDRA – KOTA LANGSA). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Universitas Samudra merupakan salah saru perguruan tinggi  yang berada di Kota Langsa. Kampus ini memiliki 7 gedung utama salah satunya Gedung Birokasi dengan penggunaan AC berjumlah 60 unit AC splitwall. Tidak adanya perawatan yang terjadwal menjadi faktor utama penyebab terjadinya kerusakan yang cukup tinggi, hal ini dapat menyebabkan besarnya anggaran untuk perawatan dan perbaikan, mengingat biaya jasa dan komponen AC tergolong  tinggi. Metode reliability centered maintenance (RCM) meliputi analisa secara kualitatif seperti analisa komponen kritis, failure mode and effect analysis (FMEA), logic tree analisis (LTA), RCM information worksheet dan RCM decision worksheet. Beberapa hal yang menyebabkan kinerja AC menjadi berlebihan antara lain tidak sesuainya standart PK yang digunakan, penggunaan berlebihan akibat kurangnya pengetahuan operator sehingga komponen yang paling sering terjadi kerusakan adalah kompresor,  kondensor, pipa capiler, evaporator, motor fan, thermistor, printed circuit board (PCB), kapasitor fan, kapasitor kompresor, overload dan sensor. Setelah dilakukannya  usulan penjadwalan perawatan pada unit AC di Gedung Birokrasi terdapat 23 ruangan 36 unit AC dengan interval perawatan selama 75 hari. 7 ruangan 11 unit AC dengan interval perawatan 90 hari dan 10 ruangan 13 unit AC dengan interval perawatan 105 hari. Perbandingan biaya perawatan penjadwalan pada unit AC di Gedung Birokrasi adalah sebelum dilakukannya usulan penjadwalan perawatan sebesar Rp. 39.370.000 dan setelah dilakukannya usulan penjadwalan perawatan  sebesar 13.150.000, sehingga diperoleh  minimalisasi biaya sebesar  Rp. 26.220.000


 Kata Kunci: Minimalisasi biaya, Penjadwalan, Perawatan. Reliabiliy Centered Maintenance (RCM)


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Kata kunci : Minimalisasi biaya, Penjadwalan, Perawatan, Reliabiliy Centered Maintenance (RCM).

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : MHD. ABDUL RAHMAN
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2021)
Tanggal disimpan : 16-11-2021 17:48
Terakhir diubah : 11-12-2021 19:32
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1978
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!