ANALISIS KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA SEKOLAH DASAR

M.nazari (2021), ANALISIS KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA SEKOLAH DASAR. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kemampuan anak usia sekolah dasar dalam mengelola kecerdasan emosional merupakan bagian dari kematangan perkembangan emosi anak dimasa peralihan dari pra operasional memasuki operasional kongkrit, kemampuan anak usia sekolah dasar dalam mengelola kecerdasan emosional dirinya dapat dilihat dari dimensi
kemampuan anak dalam mengelola kecerdasan emosional untuk memanfaatkan pengelolan kecerdasan emosional dengan positif, kemampuan mengatur emosi sesuai dengan situasi dan kondisi diri, kemampuan pertahanan diri anak itu sendiri dalam berbagai bentuk posisi persoalan diri anak dengan wajar.


Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui bagai mana kecerdasan emosional anak usia sekolah dasar dan faktor apa saja yang mempengaruhi kecerdasan emosional anak usia sekolah dasar. Jenis penelitian ini korelasi dengan pendekatan kualitatif. Adapun metode pengempulan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode observasi.


Berdasarkan analisis data diperoleh bahwah kecerdasan emosional anak usia sekolah dasar berbeda-beda pada setiap anak usia sekolah dasar, hal ini peroleh dari faktor-faktor internal dan faktor eksternal, semakin meranjak usia anak akan dapat membuat matang kecerdasan emosional anak usia sekolah dasar. Faktor yang mempengaruhi kecerdasan emosional anak usia sekolah dasar merupakan faktor eksternal yang merupakan lingkungan non keluarga dan faktor internal yang merupakan keluarga.

Kata kunci : kecerdasan Emosional, Anak, Sekolah Dasar.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : M.nazari
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2021)
Tanggal disimpan : 12-11-2021 06:57
Terakhir diubah : 17-11-2021 05:55
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1950
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!