PENGARUH KONSENTRASI ANDALIMAN (ZANTHOXYLUM ACANTHOPODIUM DC) TERHADAP KARAKTERISTIK DENGKE NANIURA IKAN MAS (CYPRINUS CARPIO L)

Yesika Rumondang Sitorus (2021), PENGARUH KONSENTRASI ANDALIMAN (ZANTHOXYLUM ACANTHOPODIUM DC) TERHADAP KARAKTERISTIK DENGKE NANIURA IKAN MAS (CYPRINUS CARPIO L) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Dengke naniura merupakan makanan tradisional yang berbahan dari ikan mas dan penting dalam keperluan adat dan budaya masyarakat suku batak seperti pada pesta pernikahan, pesta memasuki rumah, acara syukuran di rumah dan lain-lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi andaliman (Zanthoxylum acanthopodium DC) terhadap karakteristik organoleptik dengke naniura dan untuk mengetahui konsentrasi terbaik andaliman (Zanthoxylum acanthopodium DC) terhadap mikroba pada dengke naniura. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen yaitu melakukan serangkaian percobaan pembuatan naniura dengan konsentrasi andaliman yang berbeda. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) non faktorial, yaitu dengan penambahan bumbu andaliman yang terdiri dari 4 konsentrasi yaitu andaliman sebanyak 0 g (A0), 25 g (A1), 27,5 g (A2), 30 g (A3) dan pengulangan sebanyak 3 kali ulangan. Uji organoleptik di Desa Tiga Bolon, Kecamatan Sidamanik, Sumatera Utara sedangkan uji TPC dilaksanakan di Laboratorium Universitas Samudra. Konsentrasi andaliman berbeda nyata (P<5%) terhadap karakteristik warna, aroma, tekstur dan penilaian rasa. Konsentrasi terbaik pada penambahan andaliman terhadap jumlah mikroba yaitu pada perlakuan A3 (30 g) dengan jumlah mikroba sebesar 3,66 x 104 koloni/g. Namun perlakuan (A1, A2 dan A3) sudah memenuhi standarisasi SNI pangan (maximal 5,0 x 105 koloni/g).

Kata kunci : Ikan Fermentasi, Makanan Tradisional, Dengke Naniura, Andaliman.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Yesika Rumondang Sitorus
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : MIPA Biologi (2021)
Tanggal disimpan : 10-11-2021 14:39
Terakhir diubah : 10-11-2021 02:54
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1913
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!