IDENTIFIKASI WAJAH DALAM KERAMAIAN MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE

Dara Havisha Lamkaruna (2021), IDENTIFIKASI WAJAH DALAM KERAMAIAN MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kemajuan teknologi telah membawa pengaruh besar terhadap segala aspek kehidupan salah satu perwujudannya adalah teknologi biometrik pengenalan wajah (face recognition). Wajah merupakan salah satu ciri fisiologis yang dapat membedakan identitas setiap individu. Penerapan sistem pengenalan dengan banyak wajah sudah banyak dilakukan tetapi dengan jumlah data kurang dari 10. Berdasarkan permasalahan tersebut dibuat sebuah sistem pengenalan banyak wajah dengan tujuan sistem dapat mengenali wajah dengan memberikan informasi data identitas seseorang yang berada dalam keramaian. Sistem yang dibuat menggunakan metode HOG dalam proses ekstraksi fitur dan SVM untuk proses klasifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem pengenalan banyak wajah dengan posisi berbaris mendapatkan akurasi sebesar
94,7% dengan jumlah wajah yang dikenali sebanyak 18 dari 19 mahasiswa Program Studi Informatika, sedangkan pada posisi acak mendapatkan akurasi sebesar 50% dengan jumlah pengenalan wajah sebanyak 3 dari 6 mahasiswa Program Studi Informatika. Hasil berdasarkan jarak mendapatkan akurasi sebesar 85,7% dengan pengenalan terbaik pada rentang jarak 50 cm sampai 250 cm. Pada posisi yang berbedabeda juga sistem mampu mengenali wajah dengan hasil akurasi sebesar 100%.

Kata kunci : Biometrik, Pengenalan wajah, Pengenalan Banyak Wajah, HOG, SVM

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Dara Havisha Lamkaruna
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Informatika (2021)
Tanggal disimpan : 08-11-2021 11:06
Terakhir diubah : 24-11-2021 08:38
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1898
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!