PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP WAFATNYA PATIH GAJAH MADA DI KECAMATAN MANYAK PAYED PADA ABAD KE-14 M (STUDI KASUS MASYARAKAT KAMPUNG MESJID KECAMATAN MANYAK PAYED KABUPATEN ACEH TAMIANG)

Siti Marlina (2019), PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP WAFATNYA PATIH GAJAH MADA DI KECAMATAN MANYAK PAYED PADA ABAD KE-14 M (STUDI KASUS MASYARAKAT KAMPUNG MESJID KECAMATAN MANYAK PAYED KABUPATEN ACEH TAMIANG). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Patih Gajah Mada pada saat membawa pasukannya untuk menguasai kerajaan Aceh pada saat itu melakukan penaklukan ke kerajaan Aceh yang pertama di temukan oleh kerajaan Majapahit adalah kerajaan Tamiang yang terletak di ujung pesisir timur Aceh. Dalam pertarungan pasukan Majapahit dan kerajaan Aceh di tanah Tamiang terjadi sebuah peristiwa yang cukup mengejutkan yaitu kalahnya pasukan Majapahit melawan pasukan kerajaan Aceh Darussalam. Dan tersiar kabar bahwa Mahapatih Gajah Mada tewas di tanah Tamiang, tepatnya di kecamatan Manyak Payed saat ini.


Tujuan penelitian ini adalah  ingin mengetahui bagaimana persepsi masyarakat kecamatan Manyak Payed terhadap matinya Patih Gajah Mada di Kecamatan Manyak Payed. Ingin mengetahui apa yang menjadi landasan masyarakat Kecamatan Manyak Payed dalam meyakini peristiwa Matinya Patih Gajah Mada di kecamatan Manyak Payed.


Metode penelitian yang di pakai dalam penelitian ini adalah deskritif kualitatif. Penelitian ini jika dilihat dari lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan (field research). Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode sejarah dengan pendekatan heuristik.


Hasil penelitian menunjukan Persepsi masyarakat Kecamatan Manyak Payed terhadap wafatnya  Patih Gajah Mada di kecamatan Manyak Payed  adalah cukup. Hal ini dibuktikan dari angket  di dapat nilai rata-rata keseluruhan masyarakat yang berjumlah 40 orang dari 10 item soal didapat sebesar 57,25%. Nilai persentase ini termasuk dalam kategori cukup hal ini membuktikan bahwa masyarakat Di Desa Manyak Payed memiliki Persepsi Matinya Patih Gajah Mada di Kecamatan Manyak Payed  Pada Abad Ke – 14 M. Landasan masyarakat Kecamatan Manyak Payed dalam meyakini peristiwa wafatnya Patih Gajah Mada di kecamatan Manyak Payed adalah adalah Peristiwa matinya Patih Gajah Mada tersebut memiliki keterkaitan dengan nama sebuah tempat yang ada di Aceh Tamiang yaitu kecamatan Manyak Payed, sehingga menimbulkan sebuah persepsi yang menarik. Berdasarkan bukti-bukti dari kisah kisah yang ada dapat di percaya pula bahwa kematian Patih Gajah Mada adalah di Kecamatan Manyak Payed.


Disarankan Kepada pemerintah Propinsi Aceh khususnya pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang agar memfasilitasi tentang kebenaran mitos yang ada dimasyarakat  kematian gajah Mada di Manyak Payaed berdasarkan bukti-bukti  yang ada di Kecamatan Manyak Payed.Kepada Ahli Sejarah diharapkan  melakukan studi arkeologi dan historis mengenai bukti-bukti penyerangan kerajaan Majapahit di Manyak payed serta hubungannya dngan mitos kematian Gajah Mada di manyak Payed

Kata kunci : Persepsi, Gajah Mada, Manyak Payed

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Siti Marlina
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Sejarah (2019)
Tanggal disimpan : 05-11-2021 10:19
Terakhir diubah : 15-11-2021 12:14
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2019
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1890
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!