ANALISIS NILAI MORAL DALAM FILM “KULARI KE PANTAI” KARYA MIRA LESMANA DAN RIRI REZA

Wan zeyra rika yashinta (2021), ANALISIS NILAI MORAL DALAM FILM “KULARI KE PANTAI” KARYA MIRA LESMANA DAN RIRI REZA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Nilai moral sangat penting diperkenalkan dari usia dini, sehingga dapat membentuk perilaku yang baik. Perilaku dapat terbentuk dan berubah melalui beberapa faktor, salah satunya adalah ketika seseorang mendengar atau menyaksikan sesuatu. Menyaksikan film merupakan suatu kebiasaan yang bisa mempengaruhi perilaku seseorang, oleh sebab itu hendaknya film harus disaksikan sesuai dengan umur penonton. Film yang berkualitas harus memperhatikan unsur-unsur yang ada didalamnya dan harus memiliki nilai moral yang tinggi. Produksi Mils Film memproduksi “film kulari ke Pantai” menyita perhatian banyak penonton sehingga memperoleh rating yang tinggi, Hal inilah membuat peneliti tertarik untuk jauh meneliti tentang Analisis Nilai Moral Dalam Film “Kulari Ke Pantai” Karya Mira Lesmana dan Riri Reza


Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan unsur-unsur intrinsik berupa alur, penokohan, latar, dan tema dalam film “kulari ke Pantai” karya Mira Lesmana dan Riri Reza. (2) Mendeskripsikan nilai moral yang terkandung dalam film “kulari ke Pantai” karta Mira Lesmana dan Riri Reza.


Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis konten. Subjeknya adalah nilai moral dan yang menjadi objek adalah film kulari ke Pantai. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengadaan data, reduksi data, inferensi, dan yang terakhir analisis data.


Hasil dari penelitian Nilai Moral Dalam Film “Kulari Ke Pantai” Karya Mira Lesmana dan Riri Reza (1) Deskripsi unsur intrinsik adalah (a) alur terbagi menjadi 34 scene secara keseluruhan, kemudian dianalisis menggunakan skema alur Progesif/maju menunjukkan jika alur maju. (b) Terdapat 22 tokoh yang aktif (c) terdapat latar tempat (d) Tema mayor dan tema minor. Tema mayor tentang kesungguhan usaha Samudra berlatih surfing untuk bertemu idola. (2) Terdapat 2 jenis nilai moral yaitu hubungan manusia dengan diri sendiri yaitu nilai kejujuran, bekerja keras, dan nilai hubungan manusia dengan manusia yaitu nilai kerukunan dan tenggang rasa.


Saran yang dapat diberikan ialah penelitian ini bisa dijadikan acuan untuk orang tua dalam membimbing anak agar memilih film sesuai umur, sebagai referensi untuk guru agar materi sastra tidak membosankan, film dalam penelitian ini dapat digunakan sebagai pembelajaran agar anak memiliki nilai moral yang baik sehingga bisa diterapkan dikehidupan sehari-hari.

Kata kunci : Nilai moral dan Film

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Wan zeyra rika yashinta
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2021)
Tanggal disimpan : 04-11-2021 15:46
Terakhir diubah : 15-11-2021 01:30
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1880
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!