FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SISTEM KEUANGAN DESA DENGAN PERAN PENDAMPING DESA SEBAGAIPEMODERASI (STUDI PADA DESA SE-KECAMATAN LANGSA LAMA KOTA LANGSA)

Reza Aulia Hasibuan (2022), FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SISTEM KEUANGAN DESA DENGAN PERAN PENDAMPING DESA SEBAGAIPEMODERASI (STUDI PADA DESA SE-KECAMATAN LANGSA LAMA KOTA LANGSA) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi Efektivitas Penggunaan Sistem Keuangan Desa Dengan Peran Pendamping Desa Sebagai Variabel Moderasi studi pada desa Se-Kecamatan Langsa Lama Kota Langsa. Pemilihan sampel diambil dengan menggunakan metode sampel jenuh yaitu 15 Desa. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada 60 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square). Model persamaan yang dianalasis adalah outer model, inner model dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kualitas Sumber Daya Manusia tidak berpengaruh signifikan terhadap Efektivitas Penggunaan Sistem Keuangan Desa, (2) Komitmen Organisasi Pemerintah Desa berpengaruh positif dan signifikan terhadap Efektivitas Penggunaan Sistem Keuangan Desa, (3) Peran Pendamping Desa tidak berpengaruh signifikan terhadap Efektivitas Penggunaan Sistem Keuangan Desa, (4) Peran Pendamping Desa tidak dapat memoderasi pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia terhadap Efektivitas Penggunaan Sistem Keuangan Desa, (5) Peran Pendamping Desa tidak dapat memoderasi pengaruh Komitmen Organisasi Pemerintah Desa terhadap Efektivitas Penggunaan Sistem Keuangan Desa.

Kata kunci : Efektivitas Penggunaan Sistem Keuangan Desa, Kualitas Sumber Daya Manusia, Komitmen Organisasi Pemerintah Desa, Peran Pendamping Desa.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Reza Aulia Hasibuan
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Akuntansi (2022)
Tanggal disimpan : 04-11-2021 08:46
Terakhir diubah : 16-11-2021 01:54
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1879
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!