PERKEMBANGAN PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK) TERHADAP PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DI DESA PANTON RAYEUK A KECAMATAN BANDA ALAM KABUPATEN ACEH TIMUR

Srik agustini (2020), PERKEMBANGAN PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK) TERHADAP PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DI DESA PANTON RAYEUK A KECAMATAN BANDA ALAM KABUPATEN ACEH TIMUR. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pemberdayaan adalah upaya untuk menolong masyarakat agar lebih berdaya  dengan memberikan daya, kekuatan atau kemampuan kepada masyarakat lemah dalam meningkatkan sumber daya manusia dan berusaha mengoptimalkan sumber daya tersebut sehingga dapat meningkatkan kemampuannya dalam memanfaatkan potensi yang dimiliki secara mandiri. Pemberdayaan perempuan adalah upaya kemampuan perempuan untuk memperoleh akses dan kontrol terhadap sumber daya,  budaya agar perempuan dapat mengatur diri sendiri dan meningkatkan rasa percaya diri untuk mampu berperan dan berpartisipasi aktif. Salah satu upaya pemberdayaan perempuan melalui PKK.


Adapun tujuan penelitian skripsi ini adalah: Untuk mengetahui latar belakang berdirinya Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Desa Panton Rayeuk A. Untuk mengetahui program kegiatan yang dilakukan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Dalam Memberdayakan Perempuan di Desa Panton Rayeuk A, Untuk mengetahui hambatan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Dalam Memberdayakan Perempuan di Desa Panton Rayeuk A.


Metode penelitian yang penulis gunakan dalam menyelesaikan penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan jenis penelitian kualitatif. Artinya, data yang dikumpulkan bukan berupa data angka, melainkan data yang berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi, catatan atau memo peneliti dan dokumen resmi lain yang mendukung. Tujuan menggunakan jenis penelitian dan pendekatan ini adalah agar peneliti dapat menggambarkan realita empiris di balik fenomena yang terjadi terkait dengan Perkembangan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Terhadap Pemberdayaan Perempuan di Desa Panton Rayeuk A.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa Latar belakang berdirinya Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Desa Panton Rayeuk A adalah Pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK) sebagai gerakan pembangunan masyarakat bermula dari seminar “Home Economic” di Bogor pada tahun 1961. Kemudian berlanjut dengan pembentukan PKK di daerah-daerah termasuk Desa Panton Rayeuk A Kecamatan Banda Alam Kabupaten Aceh Timur. Sedangkan kegiatan yang dilakukan oleh PKK Desa Panton Rayeuk A Kecamatan Banda Alam Kabupaten Aceh Timur adalah seperti Menjahit, membuat kue, membuat bunga dari plastik bekas, anyaman tikar dan juga tugas pokok 10 program PKK secara nasional. Keterbatasan Sarana Prasarana seperti alat Menjahit, waktu pelatihan, keuangan atau dana, tempat pemasaran, kesekertariatan, tenaga ahli, pelaksana dan peran serta masyarakat.


Kesimpulan penulis, Terutama sekali bagi Desa Panton Rayeuk A Kecamatan Banda Alam Kabupaten Aceh Timur, agar lebih memberikan fasilitas kepada PKK terutama dana dan kelengkapan Sarana Prasarana guna mendukung optimalisasi fungsi kerja PKK.

Kata kunci : Perkembangan, Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK)

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Srik agustini
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Sejarah (2020)
Tanggal disimpan : 03-11-2021 19:08
Terakhir diubah : 18-11-2021 21:55
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2020
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1875
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!