KEANEKARAGAMAN JAMUR PADA LIMBAH PADAT KELAPA SAWIT DI PT ASAM JAWA KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN PROVINSI SUMATERA UTARA

Sissy syafanie (2021), KEANEKARAGAMAN JAMUR PADA LIMBAH PADAT KELAPA SAWIT DI PT ASAM JAWA KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN PROVINSI SUMATERA UTARA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Jamur makroskopis merupakan organisme eukariota (sel-selnya mempunyai inti sejati) yang digolongkan ke dalam kelompok cendawan sejati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman Jamur pada Limbah Padat Kelapa Sawit di PT Asam Jawa Kabupaten Labuhanbatu Selatan Provinsi Sumatra Utara. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah menggunakan metode eksplorasi dengan menjelajah setiap bagian lokasi penelitian dengan membuat jalur jelajah/transek untuk memaksimalkan hasil yang didapat, masing-masing lokasi dianggap sebagai satu populasi, masing-masing lokasi dibuat 10 transek sepanjang 100 meter. Penelitian dilakukan di 2 daerah yaitu lokasi pertama di daerah pohon tinggi dan dilokasi kedua yaitu daerah pohon rendah, daerah pohon tinggi ditemukan 10 spesies jenis jamur sedangkan di daerah pohon rendah ditemukan 15 spesies jenis jamur. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan indeks keanekaragaman Shannon-Wiener. Hasil penelitian yang didapat bahwa keanekaragaman jamur pada limbah padat kelapa sawit di PT Asam Jawa Kabupaten Labuhanbatu Selatan Provinsi Sumatera Utara tergolong sedang dengan indeks keanekaragaman Shannon-Wiener H’= 1,9664. Jenis jamur makroskopis yang ditemukan pada limbah padat kelapa sawit semua berdivisi basidiomycota. Jenis jamur makroskopis pada limbah padat kelapa sawit di PT Asam Jawa Kabupaten Labuhanbatu Selatan ditemukannya 16 spesies, namun 2 spesies masih belum diketahui namanya. Faktor lingkungan yang diamati berupa temperatur lingkungan yang berkisar antara 26 - 28° C, dan pH tanah yang berkisar antara 5-6,7.

Kata kunci : Keanekaragaman; Jamur; Kelapa Sawit; Jamur

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Sissy syafanie
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2021)
Tanggal disimpan : 03-11-2021 15:00
Terakhir diubah : 15-11-2021 05:00
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1868
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!