IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 LANGSA

Dina Faulina (2021), IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Matematika merupakan pelajaran yang kurang diminati ataupun disenangi oleh siswa khususnya pada materi himpunan hal ini dilatarbelakangi oleh suatu fenomena bahwa masih banyak siswa yang kurang dalam pencapaian pembentukan karakter dalam belajar matematika. Selain itu, kurang tepatnya model pembelajaran yang diterapkan dengan materi yang diajarkan sangat berpengaruh pada siswa agar menjadi lebih aktif serta kreatif dalam belajar dan mampu menjadikan siswa tersebut lebih berkarakter dalam hal belajar.


 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter siswa kelas VII SMP Negeri 6 Langsa setelah diimplementasi model pembelajaran Project Based Learning (PBL) serta meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 6 Langsa setelah diimplementasi model pembelajaran Project Based Learning (PBL).


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, Desain yang digunakan yaitu posttest-only control design. Adapun sampel dalam penelitian ini diambil kelas VII-2 dan VII-1 SMP Negeri 6 Langsa yang berjumlah 38 siswa tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes dan lembar observasi.


Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas VII-2 SMP Negeri 6 Langsa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PBL). Meningkatnya hasil belajar siswa dikelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PBL), dan hasil belajar siswa dikelas yang tidak menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PBL) dengan nilai yaitu (thitung = 3,90 > ttabel = 2,028) pada taraf signifikan 5%. Serta nilai dari observasi dikelas yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PBL) adalah 76,18% dan nilai dari observasi dikelas yang tidak menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PBL) adalah 59,99 %.


Saran yang diharapkan kepada guru disekolah untuk dapat menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PBL) untuk meningkatkan karakter dan hasil belajar siswa pada proses pembelajaran matematika terkhusus pada materi himpunan.  

Kata kunci : Model pembelajaran Project Based Learning (PBL), karakter, dan hasil belajar.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Dina Faulina
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2021)
Tanggal disimpan : 01-11-2021 14:14
Terakhir diubah : 11-11-2021 04:17
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1857
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!