EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING PADA MATERI BIOLOGI DI SMA SE KECAMATAN AIR JOMAN, KABUPATEN ASAHAN

Siti Rohima (2021), EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING PADA MATERI BIOLOGI DI SMA SE KECAMATAN AIR JOMAN, KABUPATEN ASAHAN. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pandemi   Covid-19   berpengaruh   terhadap   semua   bidang   kehidupan, temasuk  salah  satunya  bidang  pendidikan.  Adanya  pandemi  Covid-19  ini membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan dengan pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran daring menjadi salah satu solusi bagi permasalahan di bidang pendidikan.


 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran daring pada materi  biologi  efektif di  laksanakan  di  SMA  se Kecamatan  Air  Joman, Kabupaten  Asahan  dan  untuk  mengetahui  seberapa  efektif  penerapan pembelajaran daring pada materi biologi dilaksanakan di SMA se Kecamatan Air Joman, Kabupaten Asahan. 


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Survei dan wawancara dengan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh SMA se Kecamatan Air Joman yang terdiri dari 5 sekolah. Sedangkan Sampel pada penelitian ini adalah seluruh guru biologi di SMA se Kecamatan Air Joman dan siswa yang setiap sekolah berjumlah 10 siswa yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan instrument non tes yang dapat digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang berisi pertanyaan dalam bentuk tertulis yang diberikan kepada responden. 


Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan pembelajaran daring pada materi biologi “kurang efektif” di laksanakan di SMA Se Kecamatan Air  Joman,  Kabupaten  Asahan.  Penerapan  pembelajaran  daring  pada  materi biologi di SMA Se Kecamatan Air Joman secara keseluruhan sebesar 39% dengan kategori “kurang efektif”. 


Saran yang diajukan bagi guru dalam penerapan pembelajaran daring yaitu harapan  kedepannya  bisa  menambahkan  materi  dengan  menggunakan  video, siaran langsung atau merekam suara, hal tersebut bertujuan untuk siswa mampu memahami materi pembelajaran dengan mudah dan untuk penelitian lebih lanjut hendaknya penelitian ini dapat dilengkapi dengan meneliti aspek lain secara lebih terperinci yang belum terjangkau oleh peneliti saat ini.

Kata kunci : Pandemi Covid-19, Pembelajaran Daring, Pembelajaran Luring

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Siti Rohima
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2021)
Tanggal disimpan : 01-11-2021 13:28
Terakhir diubah : 15-11-2021 00:02
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1856
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!