ANALISIS YURIDIS PENGUASAAN ASET YAYASAN DAYAH BUSTANUL ULUM OLEH YAYASAN DAYAH BUSTANUL ULUM LANGSA PASCA PUTUSAN PENINJAUN KEMBALI

Yuti Pertiwi (2021), ANALISIS YURIDIS PENGUASAAN ASET YAYASAN DAYAH BUSTANUL ULUM OLEH YAYASAN DAYAH BUSTANUL ULUM LANGSA PASCA PUTUSAN PENINJAUN KEMBALI . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Yayasan sebagai badan hukum memiliki kekayaan sendiri yang terpisah dari kekayaan pengurusnya. Yayasan pada dasarnya adalah sebuah harta kekayaan yang telah dipisahkan yang mengandung arti bahwa kekayaan yang telah dipisahkan sudah terpisah dengan harta pendirinya. Dalam pasal 5 dan Pasal 9 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2004 yang mengelola suatu yayasan terhadap pengurus sesuai dengan SK Kepengurusan, kenyataanya Yayasan Dayah Bustanul Ulum menurut SK Kepengurusan tetap dirampas oleh Yayasan Dayah Bustanul Ulum Langsa yang bertentangan dengan pasal 385 Ayat 1 KUHP yang berbunyi “jika seseorang dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain dengan melawan hukum(secara tidak sah) menjual, menukar, atau menjadikan tanggungan utang hak orang lain untuk memakai tanah Negara, maka dapat dihukum penjara selama 4 (empat) tahun. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui pengaturan hukum tentang penguasaan aset Yayasan. Untuk mengetahui faktor terjadinya penguasaan aset Yayasan Dayah Bustanul Ulum. Untuk mengetahui hambatan dan upaya dalam pengembalian aset Yayasan. Metode yang digunakan adalah yuridis empiris. Penelitian ini terdiri dari studi lapangan sebagai sumber data utama dan studi pustaka sebagai data pelengkap. Pengaturan hukum tentang penguasaan Aset Yayasan yaitu Undang–Undang Nomor 28 Tahun 2004 atas Perubahan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2001 tentang Yayasan, perubahan atas Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2001 Yayasan dimaksudkan untuk lebih menjamin kepastian dan ketertiban Hukum serta memberikan pemahaman yang benar kepada masyarakat mengenai Yayasan. Faktor Terjadinya Penguasaan Aset Yayasan yaitu konflik ingin menguasai yayasan, Izin yang tidak diurus, serta ketidakmampuan pengurus dalam mengelola yayasan. Hambatan dan upaya dalam pengembalian Aset Yayasan Dayah Bustanul Ulum yaitu hambatan dari Pengadilan Negeri Langsa masih menunggu salinan putusan peninjauan kembali, Upaya Pengadilan Negeri langsa belum ada. Hambatan dan upaya Yayasan Dayah Bustanul Ulum adalah menyurati pengadilan Negeri Langsa untuk dilakukannya eksekusi, upaya Yayasan Dayah Bustanul Ulum yaitu masih menurati pengadilan dan kepaniteraan Negeri Langsa agar segera dilakukannya eksekusi. Disarankan kepada Yayasan Dayah Bustanul Ulum Langsa untuk dapat mengembalikan seluruh harta kekayaan milik Yayasan Dayah Bustanul Ulum secara sukarela. Serta disarankan kepada pengadilan Negeri Langsa untuk segera menerima pengajuan eksekusi dari pihak Yayasan Dayah Bustanul Ulum agar segera dilakukan eksekusi.

Kata kunci : Penguasaan, Aset Yayasan, Putusan Peninjauan Kembali

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Yuti Pertiwi
Fakultas : Fakultas Hukum
Program.Studi : Ilmu Hukum (2021)
Tanggal disimpan : 29-10-2021 11:10
Terakhir diubah : 16-11-2021 10:47
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1833
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!