BUDAYA KHANDURI KANJI RUMBI DALAM MELESTARIKAN NILAI-NILAI BUDAYA DI DESA JULOK TUNONG KECAMATAN JULOK KABUPATEN ACEH TIMUR

Ziza Zaskia (2019), BUDAYA KHANDURI KANJI RUMBI DALAM MELESTARIKAN NILAI-NILAI BUDAYA DI DESA JULOK TUNONG KECAMATAN JULOK KABUPATEN ACEH TIMUR. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pengalaman baru, teknologi baru membuat manusia melakukan penyesuaian cara hidup dan kebiasaan yang baru bahkan lebih praktis. Khanduri menjadi khas masyarakat Aceh, masyarakat Aceh bila mempunyai hajat, baik ketika mendapat kenikmatan / rahmat dari Allah SWT atau ditimpa musibah biasanya  melaksanakan khanduri. Khanduri itu sebagai pengabdian atau tanda ingat kepada yang Maha Kuasa, dan biasanya dalam melaksanakan khanduri tersebut orang Aceh menyajikan makanan-makanan untuk menjamu saudara, tetangga dan kerabatuntuk makan bersama.


Adapun tujuan penelitian skripsi ini adalah: Untuk mengetahui bagaimana latar belakang khanduri kanji rumbi serta dalam melestarikan nilai-nilai budaya di Desa Julok Tunong. Untuk mengetahui Nilai-nilai filosofis apa saja yang terkandung didalam khanduri kanji rumbi di Desa Julok Tunong.


Dalam menyelesaikan penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif. Artinya, data yang dikumpulkan bukan berupa data angka, melainkan data yang berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi, catatan atau memo peneliti dan dokumen resmi lain yang mendukung. Tujuan menggunakan pendekatan kualitatif adalah agar peneliti dapat menggambarkan realita empiris di balik fenomena yang terjadi terkait dengan Budaya Khanduri Kanji Rumbi Dalam Melestarikan Nilai-nilai Budaya Di Desa Julok Tunong Kecamatan Julok Kabupaten Aceh Timur secara mendalam, rinci dan tuntas.


Kesimpulan skripsi ini yaitu: Latar Belakang Tradisi Khanduri Kanji Rumbi di desa Julok Tunong Kecamatan Julok Kabupaten Aceh Timur didasari dari sudah menjadi tradisi turun temurun sejak dari dulu, yaitu sudah mulai ada Aceh dulu pada zaman kerajaan, karena Tradisi Khanduri Kanji Rumbi merupakan khanduri yang dilakukan setiap tahun dibulan suci ramadhan serta acara khanduri tersebut juga mengandung nilai-nilai budaya yang sangat positif yang digunakan momen tersebut sebagai sarana untuk pemersatu masyarakat. Tradisi Khanduri Kanji Rumbi juga berdampak dalam Upaya pengabdian kepada Allah SWT, yang menunjukkan bahwa masyarakat desa Julok Tunong memuliakan bulan suci ramadhan. Nilai Tradisi, Nilai Pelestarian Budaya, Nilai Sosial dan Nilai Filosofis.

Kata kunci : Nilai Filosofis, Tradisi Khanduri Kanji Rumbi, dan Desa Julok Tunong

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Ziza Zaskia
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Sejarah (2019)
Tanggal disimpan : 27-10-2021 16:54
Terakhir diubah : 05-11-2021 09:38
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2019
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1817
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!