PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA

Ari Anarti (2021), PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Dalam proses pembelajaran diharapkan siswa dapat aktif dalam setiap pembelajaran, terkhususnya pembelajaran matematika. Salah satu model pembelajaran yang menunjang hal tersebut adalah model Realistic Mathematics Education (RME). Pada model Realistic Mathematics Education (RME) siswa diposisikan sebagai subjek pembelajaran yang diharapkan dapat memberi ide-ide dan konsep matematika melalui eksplorasi masalah-masalah nyata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Realistic Mathematics Education (RME) terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa antara kelas VII-3 yang menggunakan model Realistic Mathematics Education (RME) sebagai kelas eksperimen dengan VII-2 yang menggunakan konvensional sebagai kelas kontrol di SMP Negeri 6 Langsa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 6 Langsa yang berjumlah 111 orang dan sampel penelitian ini adalah kelas VII-3 dan VII-2. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan posttest-only control design. Subjek penelitian terdiri dari 26 siswa kelas eksperimen dan 25 Siswa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa dokumentasi dan tes tertulis yang memuat indikator pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi himpunan. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan model Realistic Mathematics Education (RME). Hal ini dibuktikan dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel 9,289 > 2,009. Penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada kelas kontrol adalah 51,44 sedangkan rata-rata pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada kelas eksperimen adalah 78,47. Berdasarkan hasil dari pengujian hipotesis yang telah dilakukan jika dari perhitungan yang menunjukkan nilai thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Realistic Mathematics Education (RME) terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII-3 SMP Negeri 6 Langsa.

Kata kunci : Realistic Mathematics Education (RME), Pemahaman Konsep, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Ari Anarti
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2021)
Tanggal disimpan : 25-10-2021 20:23
Terakhir diubah : 11-02-2022 04:15
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1807
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!