PENERAPAN METODE CARD SORT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA TEMA I KELAS I SD NEGERI I KEBUN LAMA

Tulus Parulian Tarigan (2021), PENERAPAN METODE CARD SORT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA TEMA I KELAS I SD NEGERI I KEBUN LAMA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia pada sekolah dasar khususnya kemampuan membaca permulaan siswa SD Negeri I Kebun Lama masih kurang. Kemampuan membaca permulaan akan mengantarkan siswa untuk menguasai pelajaran lainnya karena dengan menguasai kemampuan membaca siswa dapat memahami bahasa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri I Kebun Lama yaitu menyuarakan tulisan, intonasi dan lambang huruf melalui penggunaan metode card sort.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas kolaborasi yang terdiri dari tiga siklus. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis Mc. Teggart dengan Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes lisan dan dokumentasi. Setelah metode card sort dilaksanakan terlihat adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan siswa sebelum dilaksanakan penerapan metode card sort tidak mencapai ketuntasan. Setelah dilakukan siklus I mencapai peningkatan 65% tuntas lalu pada siklus II mengalami peningkatan selisih 7% dengan persentase ketuntasan 71% dan pada siklus III peningkatan ketuntasan mencapai 81% .
Peneliti menyarankan kepada pihak sekolah agar lebih melengkapi fasilitas untuk membangun daya tarik siswa untuk membaca, kepada guru di sarankan untuk menggunakan metode pembelajaran yang berfariasi agar siswa tetap fokus memperhatikan guru dalam menyampaikan pembelajaran supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan lebih baik. Lalu kepada pembaca ataupun peneliti selanjutnya dapat meneliti dari aspek lainnya karna membaca adalah hal penting dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Kata kunci : Metode Card Sort, Membaca Permulaan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Tulus Parulian Tarigan
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2021)
Tanggal disimpan : 14-10-2021 11:11
Terakhir diubah : 17-11-2021 23:05
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1767
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!