PENGARUH VARIETAS DAN DOSIS PUPUK NPK MUTIARA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL CABAI MERAH HIBRIDA

Reza Firdaus (2021), PENGARUH VARIETAS DAN DOSIS PUPUK NPK MUTIARA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL CABAI MERAH HIBRIDA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Reza Firdaus. “Pengaruh Varietas dan Dosis Pupuk NPK Mutiara terhadap Pertumbuhan dan Hasil Cabai Merah Hibrida”. Penelitian ini di bawah bimbingan Bapak Boy Riza Juanda SP., M.P selaku dosen pembimbing utama dan Bapak Dr. Iswahyudi, SP., M.Si., selaku dosen pembimbing anggota.


            Penelitian ini bertujuan untuk melihat pertumbuhan dan hasil cabai merah hibrida dengan berbagai varietas dan pemberian dosis pupuk NPK Mutiara serta melihat interaksi antara varietas cabai merah hibrida dengan pemberian dosis pupuk NPK Mutiara. Penelitian dilaksankan di Desa Paya Meuligo Kecamatan Peureulak Aceh Timur, pada bulan Juli sampai Oktober 2020.


            Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial yang terdiri dari 2 faktor, yaitu faktor varietas cabai merah (V) yang terdiri dari 3 jenis : V1 = Kastilo F1, V2 = Laju F1, dan V3 = Lado F1. Faktor kombinasi pupuk  NPK (P) yang terdiri dari 3 taraf : P1 = 19 gr/tanaman, P2 = 23 gr/tanaman, dan P3 = 28 gr/tanaman.


            Parameter yang diamati antara lain umur berbunga (Hari), diameter batang (cm), jumlah cabai per tanaman (buah), panjang cabai (cm), diameter cabai (cm), bobot cabai segar per tanaman (gr), dan bobot buah segar per plot (gr). Hasil penelitian menunjukkan bahwa varietas cabai merah hibrida berpengaruh nyata terhadap parameter jumlah cabai per tanaman, bobot cabai segar per tanaman, dan bobot cabai segar per plot. Hasil terbaik didapatkan pada perlakuan V2 (Laju F1). Adapun pemberian dosis pupuk NPK Mutiara berpengaruh nyata terhadap parameter umur berbunga dan panjang cabai. Hasil terbaik didapatkan pada perlakuan P3 (28 gr/tanaman).


Interaksi varietas cabai merah hibrida dengan pemberian dosis pupuk NPK Mutiara berpengaruh nyata terhadap perameter panjang cabai, dan jumlah cabai per tanaman. Namun tidak berpengaruh nyata terhadap umur berbunga, diameter batang, diameter cabai, bobot cabai segar per tanaman, dan bobot cabai segar per plot. Interaksi terbaik didapatkan pada perlakuan V2P3 (Laju F1 + 28 gr/tanaman).


            Sesuai dengan hasil penelitian ini untuk mendapatkan pertumbuhan dan hasil yang baik dari cabai merah hibrida, disarankan menggunakan varietas cabai merah hibrida Laju F1 (V2) dan pemberian pupuk NPK Mutiara 28 gr/tanaman yang dilakukan bersamaan dalam perlakuan V2P3.

Kata kunci : Varietas, Pupuk NPK, Cabai Merah

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Reza Firdaus
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2021)
Tanggal disimpan : 13-10-2021 15:55
Terakhir diubah : 28-10-2021 00:44
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1763
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!