ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU SISWA KELAS III TEMA 4 KEWAJIBAN DAN HAKKU EDISI REVISI 2018

Fauji Daniel Alexander (2021), ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU SISWA KELAS III TEMA 4 KEWAJIBAN DAN HAKKU EDISI REVISI 2018 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitiaan ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peranan buku siswa kelas III tema 4 kewajiban dan hakku edisi revisi tahun 2018 dalam menanamkan dan mengembangkan nilai karakter pada anak, karena. pendidikan karakter merupakan pendidikan yang mengutamakan perilaku yang dibentuk dari keteladanan yang dapat dicontohkan oleh pendidik, orang tua, dan masyarakat pada lingkungan sekitar anak.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter pada buku siswa kelas III tema 4 kewajiban dan hakku edisi revisi tahun 2018 dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis. konten. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, teknik analisis data terdiri dari pengadaan data (penentuan unit, penentuan sampel, dan pencatatan), pengurangan data (reduksi), inferensi, dan analisis.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam buku siswa kelas 3 kewajiban dan hakku edisi revisi 2018 yang telah diamati menunjukkan bahwa terdapat sembilan nilai karakter peduli di dalamnya yaitu nilai religius, nilai disiplin, nilai mandiri, nilai cinta tanah air, nilai bersahabat/komunukatif, nilai cinta damai, nilai peduli lingkungan, nilai peduli sosial, dan nilai tanggung jawab.Saran dalam penelitian ini diharapkan kepada pembaca buku tematik siswa untuk dapat memahami mengenai nilai karakter peduli sosial yang terkandung dalam materi buku yang memuat nilai-nilai karakter yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Kepada orang tua dan guru agar hasil penelitian ini dapat di sebagai pedoman dalam memberikan bimbingan untuk menanamkan karakter yang baik melalui meteri yang didapatkan dalam buku supaya tumbuh serta berkembang dengan baik. Dan kepada pemerintah agar dengan melakukan pengembangan buku materi siswa pada penanaman karakter berdasarkan nilai nilai pendidikan dalam kurikulum 2013, sehingga malalui program ini pada akhirnya mampu menghasilkan kualitas insan-insan yang berkarakter, beradap. dengan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai kemanusiaan.


 

Kata kunci : Buku Siswa, Nilai Karakter

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Fauji Daniel Alexander
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2021)
Tanggal disimpan : 08-10-2021 11:21
Terakhir diubah : 21-11-2021 14:55
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1752
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!