APLIKASI PENYUNTIKAN OODEV DAN PENAMBAHAN TEPUNG KUNYIT (CURCUMA LONGA) PADA PAKAN UNTUK PEMATANGAN INDUK IKAN PERES (OSTEOCHILUS KAPPENI)

Sri Rahayu (2021), APLIKASI PENYUNTIKAN OODEV DAN PENAMBAHAN TEPUNG KUNYIT (CURCUMA LONGA) PADA PAKAN UNTUK PEMATANGAN INDUK IKAN PERES (OSTEOCHILUS KAPPENI). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Ikan peres cukup berpotensi untuk dikembangkan. Nilai ekonomis yang tinggi, kelestarian lingkungan serta keuntungan bagi para pembudidaya menjadikan ikan peres sangat potensial untuk dikembangkan menjadi produk unggulan perikanan budidaya. Namun, dalam pengembangannya masih terkendala dalam penguasaan teknologi pembenihan seperti pemijahan musiman, kematangan induk serta kurangnya ketersedian benih. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemberian hormon dan tepung kunyit pada pakan terhadap percepatan kematangan gonad dan fekunditas Ikan Peres. Metode yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4perlakuandan3ulangan. Perlakuan dalam penelitian ini, yaituP1 (Pakan Komersil).P2(0,5 ml Oodev, 3% Tepung Kunyit). P3(1 ml Oodev, 3% Tepung Kunyit).P4(3% Tepung Kunyit).Setiap perlakuan digunakan 3 induk Ikan Peres betina dengan berat rata-rata 118 g. Parameter yang diamati pada penelitian ini yaitu Pertambahan Bobot Mutlak (PBM), Tingkat Kematangan Gonad (TKG), Indeks Kematangan Gonad (IKG), Fekunditas, dan Diameter Telur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian hormon Oodev dan tepung kunyit pada pakan berpengaruh nyata terhadap bobot mutlak, Tingkat Kematangan Goand (TKG), Indeks Kematangan Gonad (IKG), Fekunditas, dan Diameter Telur. Bobot mutlak menunjukkan hasil tertinggi didapat pada perlakuan P2 sebesar 20,7 g, sedangkan bobot mutlak terendah pada perlakuan P1 sebesar 5,3 g. IKG tertinggi terdapat pada perlakuan P2 sebesar 18,35%, dan IKG terendah terdapat pada perlakuan P1 yaitu 0,0%. Fekunditas menunjukkan hasil yang paling baik adalah pada perlakuan P2 sebanyak 2560 butir, dan terendah pada P4 sebanyak 1742 butir. Selanjutnya pada diameter telur P2 1,10 mm, P3 1,08 mm dan P4 1,01 mm.

Kata kunci : Ikan Peres, Hormon, Tepung Kunyit,Gonad, Fekunditas

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Sri Rahayu
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Budidaya Perairan (2021)
Tanggal disimpan : 07-10-2021 15:29
Terakhir diubah : 17-11-2021 22:59
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1746
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!