ANALISIS KESESUAIAN ISI BUKU TEKS SISWA KELAS IV SD TEMA VI CITA-CITAKU BERDASARKAN KURIKULUM 2013

Kartika Wulandari (2021), ANALISIS KESESUAIAN ISI BUKU TEKS SISWA KELAS IV SD TEMA VI CITA-CITAKU BERDASARKAN KURIKULUM 2013 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, kesesuaian materi, kesesuaian bahasa, kesesuaian penyajian, dan kesesuaian kegrafikan dalam buku ajar tematik terpadu Kurikulum 2013 kelas IV sekolah dasar berdasarkan kesesuaian terhadap Kurikulum 2013. Kelayakan isi materi merupakan satu di antara empat kriteria penilaian kelayakan buku teks yang harus diperhatikan dan disesuaikan dengan peraturan yang telah ditetapakan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Buku teks menjadi sumber utama dalam proses belajar mengajar dan dijadikan acuan untuk mencari informasi dan penunjang kegiatan pembelajaran oleh guru maupun peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kelayakan buku teks yang akan dinilai yaitu untuk mengetahui tingkat kelayakan buku teks ditinjau dari KD) pada buku tema kelas IV, tingkat keakuratan materi, dan materi pendukung pembelajaran. Permasalahan yang dirasakan terdapat pembahasan dalam materi yang kurang mendalam dan konten yang kurang memadai dalam buku teks tersebut. kesesuaian uraian materi dengan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar. Hasil penelitian menunjukan dari segi materi buku teks siswa kelas IV SD Tema Cita-Citaku dengan kurikulum 2013 sudah sesuai dengan empat aspek yang terdapat dalam setiap KI. Dalam aspek spritual tidak semua pembelajaran dari setiap subtema terdapat kalimat spritual, dalam aspek sosial sudah sesuai dikarenakan dalam setiap pembelajaran dari tiap subtema memiliki aspek sosial, sikap positif, dalam aspek pengetahuai, aspek keterampilan dalam kurikulum 2013 ini memiliki keterampilan yang bagus dalam keterkaitan materi, komunikasi, kemenarikan materi dan mencari informasi lebih lanjut sudah sesuai. Saran penelitian guru menggunakan buku tematik kelas IV tema VI cita-citaku dalam proses pembelajaran untuk mengatasi permasalahan dalam proses belajar serta mempermudah guru dalam menampilkan materi pelajaran yang nyata, sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan lancar supaya tujuan pembelajaran tercapai dan siswa dapat memahami pembelajaran dengan baik, karna proses pembelajarannya lebih semangat kedepannya.

Kata kunci : Kesesuaian Materi, Kesesuaian Bahasa, Kesesuaian Penyajian Kesesuaian Kegrafikan, Buku Teks Tematik, Kurikulum 2013

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Kartika Wulandari
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2021)
Tanggal disimpan : 01-10-2021 11:40
Terakhir diubah : 12-10-2021 22:52
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1708
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!