PEMBUATAN ALAT PERAGA PRISMA BERONGGA UNTUK MENGUKUR INDEKS BIAS TERHADAP ZAT CAIR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI OPTIK KELAS IX

Era fajira (2021), PEMBUATAN ALAT PERAGA PRISMA BERONGGA UNTUK MENGUKUR INDEKS BIAS TERHADAP ZAT CAIR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI OPTIK KELAS IX. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Telah dilakukan penelitian Pembuatan Alat Peraga Prisma Berongga untuk Mengukur Indeks Bias Zat Cair Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Optik Kelas IX dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dari alat peraga yang dikembangkan pada materi optik sub materi pembiasan cahaya sebagai media pembelajaran dan untuk mengetahui respon ketertarikan peserta didik terhadap alat peraga yang dikembangkan pada materi optik sub materi pembiasan cahaya sebagai media pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dengan model pengembangan yang terdiri dari 4 (empat) tahap pengembangan, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan desseminate (penyebaran). Berdasarkan hasil analisis data, nilai persentase dari validasi ahli media memperoleh rata-rata sebesar 92% dengan kategori skor sangat layak. Persentase hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata sebesar 93,33% dengan kategori skor sangat layak. Validasi angket respon peserta didik memperoleh rata-rata 96,03% dengan kategori skor angket sangat layak untuk digunakan. Hasil penilaian dari praktisi lapangan terhadap media dan modul memperoleh nilai rata-rata sebesar 85,36% dan 85% dengan kategori sangat layak. Nilai persentase hasil dari angket respon peserta didik memperoleh rata-rata sebesar 89,94%, menurut tabel kriteria konversi nilai angket peserta didik persentase yang diperoleh sudah memenuhi kelayakan atau sangat menarik dan mendapat respon baik dari peserta didik. Berdasarkan hasil data yang telah diperoleh dari Pembuatan Alat Peraga Prisma Berongga untuk Mengukur Indeks Bias Zat Cair Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Optik Kelas IX sudah sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata kunci : Prisma berongga, validasi media dan materi, angket, respon peserta didik

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Era fajira
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Fisika (2021)
Tanggal disimpan : 24-09-2021 16:27
Terakhir diubah : 18-11-2021 06:12
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1684
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!