PENGARUH PENDEKATAN STEM TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Nur Ainun Situmeang (2021), PENGARUH PENDEKATAN STEM TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan STEM (science, technology, engineering, and matmematic) terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan menggunakan desain penelitian pretest-postest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XII IPA SMA N 5 Langsa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur kreativitas siswa adalah lembar angket skala kreativitas dan untuk mengukur hasil belajar siswa menggunakan tes yang berbentuk pilihan ganda.                Uji hipotesis menggunakanUji T dua pihak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil analisis angket Kreativitas siswa diperoleh thitung ≥ ttabel 4,71 ≥ 1,67 sehingga Ha diterima, sedangkan untuk perhitungan terhadap hasil belajar diperoleh thitung ≥ ttabel 7,11 ≥ 1,67 sehingga Ha diterima. Hasil observasi aspek kreativitas tertingi diperoleh kelas eksperimen yaitu keterampilan berpikir lancar dan keterampilan berpikir orisinil dimana nilai yang diperoleh masing-masing kedua aspek tersebut sebesar 82%.  Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan STEM terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada materi redoks dengan nilai effect size sebesar 0,8 atau kategori sedang.

Kata kunci : Pengaruh pendekatan STEM, Kreativitas, Hasil belajar, Redoks

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nur Ainun Situmeang
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Kimia (2021)
Tanggal disimpan : 21-09-2021 11:37
Terakhir diubah : 23-09-2021 00:32
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1657
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!