PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY – TWO STRAY (TS-TS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Cut Isninawati (2021), PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY – TWO STRAY (TS-TS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

           Penelitian ini di latar belakangi oleh pentingnya kemampuan komunikasi matematis siswa. Pada dasarnya kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Namun, faktanya masih banyak siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis yang rendah. Sehingga diperlukan solusi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Two Stay – Two Stray (TS-TS) pada materi Persamaan Linear Satu Variabel untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.


            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi Persamaan Linear Satu Variabel yang di ajarkan menggunakan model pembelajaran Two Stay – Two Stray (TS-TS).


Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Birem Bayeun yang berjumlah 19 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen lembar tes dan instrumen Renvana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai instrumen penunjang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan pre-test dan post-test.


            Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Birem Bayeun meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay – Two Stray (TS-TS) dengan nilai (thit = 8,50 ˃ ttabel(0,05;18) = 2,10) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Two Stay – Two Stray (TS-TS).


            Saran yang diajukan yaitu penelitian ini diharapkan sebagai bahan pertimbangan dan masukan bagi sekolah dan guru untuk dapat menggunakan model pembelajaran Two Stay – Two Stray (TS-TS) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa khususnya pada materi Persamaan Linear Satu Variabel, juga bagi peneliti selanjutnya agar kiranya penelitian ini dapat dikembangkan agar menjadi lebih baik lagi.

Kata kunci : Model Pembelajaran Two Stay – Two Stray (TS-TS), Kemampuan Komunikasi Matematis

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Cut Isninawati
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2021)
Tanggal disimpan : 21-09-2021 10:57
Terakhir diubah : 21-09-2021 14:03
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1655
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!