ANALISIS KONTRIBUSI PAJAK DAERAH, RETRIBUSI DAERAH, KEKAYAAN DAERAH YANG DIPISAHKAN DAN JUMLAH PENDUDUK TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) PROVINSI ACEH

Nova Zahara (2021), ANALISIS KONTRIBUSI PAJAK DAERAH, RETRIBUSI DAERAH, KEKAYAAN DAERAH YANG DIPISAHKAN DAN JUMLAH PENDUDUK TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) PROVINSI ACEH. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Kontribusi Pajak Daerah, Retribusi Daerah, Kekayaan Daerah Yang Dipisahkan Dan Jumlah Penduduk Terhadap Pendapatan Asli Daerah Di Provinsi Aceh. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, Data yang digunakan adalah data times series periode 2010-2020 metode analisis yang digunakan yaitu dengan menghitung kontribusi Pajak Daerah, Retribusi Daerah, Kekayaan Daerah Yang Dipisahkan Dan Jumlah Penduduk Terhadap Pendapatan Asli Daerah di Provinsi Aceh dan Metode regresi linier berganda. Hasil penelitian diperoleh dari rata-rata konstribusi pajak daerah dari tahun 2010-2020 sebesar 61,39 persen dengan kriteria kontribusi sangat baik. Rata-rata Retribusi daerah dari tahun 2010-2020 adalah sebesar 1,10 persen dengan kriteria sangat kurang berkontribusi. Rata-rata kintribusi kekayaan daerah yang dipisahkan dari tahun 2010-2020 adalah sebesar 6,75 persen dengan kriteria kontribusi sangat kurang. Hasil yang diperoleh dari metode analisis regresi linier berganda yaitu dimana Pajak Daerah memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah selanjutnya Retribusi Daerah memliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah selanjutnya Kekayaan Daerah Yang Dipisahkan memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah dan Jumlah Penduduk memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap jumlah penduduk Provinsi Aceh. Dari analisis koefisien diterminasi dapat dijelaskan bahwa Pajak Daerah, Retribu Deareh, Kekayaan Daerah Yang Dipisahkan dan Jumlah Penduduk mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah Provinsi Aceh Sebesar  87,29 persen sedangakan selebihnya 12,72 persen dipengaruhi oleh variabel lain diluar dari penelitian ini.


 


 

Kata kunci : Pajak Daerah, Retribusi Daerah, Kekayaan Daerah Yang Dipisahkan, Jumlah Penduduk, Pendapatan Asli Daerah (PAD)

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nova Zahara
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Ekonomi Pembangunan (2021)
Tanggal disimpan : 16-09-2021 16:18
Terakhir diubah : 17-09-2021 14:12
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1644
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!