ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA KARYAWAN PENYADAP TANAMAN KARET (HEVEA BRASILIENSIS, MUELL ARG) DI PT.ATJEH RAYA CORPINDO (ARCO) KEBUN ALUR BULUH KECAMATAN BIREM BAYEUN KABUPATEN ACEH TIMUR

MULIADI (2017), ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA KARYAWAN PENYADAP TANAMAN KARET (HEVEA BRASILIENSIS, MUELL ARG) DI PT.ATJEH RAYA CORPINDO (ARCO) KEBUN ALUR BULUH KECAMATAN BIREM BAYEUN KABUPATEN ACEH TIMUR . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Produktivitas tanaman karet dipengaruhi oleh faktor-faktor kinerja karyawan seperti jumlah tenaga kerja, produktifitas karyawan,  untuk memenuhi produksi karet yang optimal, karena: kebutuhan karet yang semakin meningkat. Konsumsi Karet tahun 2009 sebesar 9.277 juta ton, sedangkan pada tahun 2010 meningkat menjadi 10.664 juta ton. Karet mentah dunia mampu menyediakan 9.702 juta ton pada tahun 2009 dan 10.219 juta ton pada tahun 2010. Faktor itu mempengaruhi hasil panen karet menjadi tolak ukur untuk mendapatkan keputusan yang mendukung hasil panen karet secara optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor faktor kinerja karyawan karet di PT Atjeh Raya Corpindo. Penelitian ini menggunakan deskriptif metode analitis. Analisis data  Atjeh Raya Corpindo menggunakan regresi linier berganda dengan dummy. Analisis regresi menunjukkan persamaan regresi tidak mengandung gejala multikolinier, autokorelasi, heterokedastisitas. Sedangkan faktor produksi signifikan produksi karet adalah jumlah panen tenaga kerja, jumlah luas lahan, jumlah pohon/hektar, biaya produksi, Ethrel stimulansia, sistem sadap dummy dan teknologi sadap dummy. Berdasarkan regresi analisis, faktor-faktor produksi yang secara parsial berpengaruh signifikan terhadap karet produksi adalah hasil panen tenaga kerja, luas lahan, jumlah pohon/hektar, biaya produksi, stimulansia Ethrel, sistem sadap dummy dan dummy teknologi penyadapan.

Kata kunci : faktor karyawan, produksi karet, regresi berganda

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : MULIADI
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2017)
Tanggal disimpan : 15-09-2021 10:55
Terakhir diubah : 15-09-2021 00:50
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2017
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1637
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!