PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PDEODE (PREDICT, DISCUSS, EXPLAIN, OBSERVE, DISCUSS, EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

NURUL WAIDA (2021), PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PDEODE (PREDICT, DISCUSS, EXPLAIN, OBSERVE, DISCUSS, EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kesulitan siswa dalam belajar sistem persamaan linear dua variabel berhubungan erat dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Kemampuan pemecahan masalah matematis dibutuhkan siswa untuk menunjang dalam menyelesaikan permasalah matematika, khususnya sistem persamaan linear dua variabel. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa membutuhkan kemampuan berpikir tinggi. Dengan memanfaatkan model pembelajaran PDEODE (Predict, Discuss, Explain, Observe, Discuss, Explain) akan memudahkan siswa saat pembelajaran sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran melalui model pembelajaran PDEODE dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 3 Darul Aman dan untuk menganalisis kemandirian belajar siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 3 Darul Aman setelah diterapkan model pembelajaran PDEODE. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan One-Group Pretest-Posttest. Populasi pada penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Darul Aman dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 3 Darul Aman. Metode pengambilan sampel yang digunakan dengan menggunakan Random Sampling. Hasil penelitian: terdapat peningkatan pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan kemandirian belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel setelah diterapkan model pembelajaran PDEODE (Predict, Discuss, Explain, Observe, Discuss, Explain). Besarnya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII-2 SMP Negeri 3 Darul Aman dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan nilai thitung 7,29 dan untuk kemandirian belajar sebesar 50,6 %.

Kata kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Pembelajaran PDEODE (Predict, Discuss, Explain, Observe, Discuss, Explain), Kemandirian Belajar, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : NURUL WAIDA
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2021)
Tanggal disimpan : 13-09-2021 11:11
Terakhir diubah : 21-09-2021 01:36
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1622
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!