PENGARUH PADAT TEBAR BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN SINTASAN BENIH IKAN PERES (OSTEOCHILLUS KAPPENI) PADA PEMELIHARAAN KERAMBA JARING

Muhammad Imam Al-ikhlas Arisfa (2021), PENGARUH PADAT TEBAR BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN SINTASAN BENIH IKAN PERES (OSTEOCHILLUS KAPPENI) PADA PEMELIHARAAN KERAMBA JARING. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Ikan peres (Osteochillus kappeni) adalah salah satu spesies ikan air tawar yang terdapat di perairan Danau Laut Tawar dan tergolong komoditas air tawar yang sangat potensial untuk dikembangkan di Kabupaten Aceh Tengah. Populasi Ikan Peres semakin menurun drastis serta sulit ditemukan di alam khususnya di perairan Danau Laut Tawar, hal ini mengindikasikan terjadinya kelebihan tangkap. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh padat tebar terhadap pertumbuhan dan sintasan benih ikan peres, serta untuk mengetahui padat tebar yang optimal dalam meningkatkan pertumbuhan dan sintasan benih ikan peres. Penelitian ini dilaksanakan di Balai Benih Ikan (BBI) Lukup Badak, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah. Ikan uji yang digunakan yaitu Ikan Peres dengan panjang awal 3 - 4 cm dan berat 0,32 – 1,90 gram sebanyak 480 ekor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), terdiri dari 4 perlakuan dan 3 kali ulangan. Perlakuan yang digunakan P1: 25 ekor/KJ, P2: 35 ekor/KJ, P3: 45 ekor/KJ dan P4: 55 ekor/KJ. Hasil analisis menggunakan uji sidik ragam (Anova), diperoleh bahwa padat tebar berpengaruh nyata terhadap penambahan bobot mutlak, panjang mutlak, sintasan, efisiensi pakan dan rasio konversi pakan (P>0,05). Padat tebar yang paling bagus yaitu P1 (padat tebar 25 ekor/KJ). Sedangkan perlakuan terendah pada P4 (padat tebar 55 ekor/KJ).

Kata kunci : Ikan Peres, Padat tebar, Pertumbuhan, Sintasan.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Muhammad Imam Al-ikhlas Arisfa
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Budidaya Perairan (2021)
Tanggal disimpan : 12-08-2021 15:45
Terakhir diubah : 16-08-2021 01:10
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1523
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!