PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERMEDIAKAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATIS SISWA

AGUS JAYANTI BR SEMBIRING (2021), PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERMEDIAKAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATIS SISWA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

 


Rendahnya kemampuan spasial matematis siswa terlihat dari dibutuhkan pengulangan beberapa kali agar siswa dapat memahami materi bangun ruang, terutama dalam memvisualisasikan bentuk bangun ruang. Dapat diartikan siswa kurang mampu mengidentifikasi permasalahan pada soal sehingga terjadi kesalahan dalam menentukan rumus yang digunakan, kurangnya siswa memahami pengenalan unsur-unsur bangun ruang. Penerapan pendekatan saintifik bermediakan geogebra membantu siswa memvisualisasikan unsur-unsur bangun ruang sisi datar dengan melibatkan keterampilan proses sains dalam mengkonstruksi konsep, hukum atau prinsip dan dibantu geogebra gerakan-gerakan manipulasi yang dapat memberikan pengalaman visual dalam memahami konsep geometri.


Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan spasial matematis siswa setelah menerapkan pendekatan saintifik bermediakan  geogebra.


Metode yang digunakan pada penelitian adalah metode kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen one-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTS N 7 Aceh Timur yang berjumlah 118 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 (B) 13 orang yang ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling. Adapun instrumen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan spasial matematis siswa 5 soal uraian.


Hasil penelitian menunjukkan: Kemampuan spasial matematis siswa meningkat setelah diterapkan pendekatan saintifik bermdiakan geogebra. Berdasarkan uji hipotesis yang diperoleh thit = 9,891 > ttab = 2,18 berbeda secara signifikan (H0 ditolak) maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya pada taraf kepercayaan 95% pernyataan bahwa Kemampuan spasial matematis siswa meningkat setelah diterapkan pendekatan saintifik beremediakan geogebra


Diharapkan kepada guru matematika untuk dapat menjadi ide kreatif pada pelaksanaan pembelajaran bangun ruang sisi datar untuk menjadi pembelajaran yang menarik dan memudahkan pemahaman siswa pada materi bangun ruang sisi datar, untuk sekolah sebagai masukan untuk sekolah agar dapat menjadi media dan bahan tambahan dalam pelaksanaan pembelajaran materi bangun ruang sisi datar dan untuk siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran saat diterapkan pendekatan saintifik dan software geogebra.

Kata kunci : Pendekatan Sainfitik, Geogebra, Kemampuan Spasial, Kubus dan Balok.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : AGUS JAYANTI BR SEMBIRING
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2021)
Tanggal disimpan : 23-07-2021 09:51
Terakhir diubah : 30-07-2021 01:06
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1455
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!