ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI PADA PENGUNAAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DI SD NEGERI 1 PAYA BUJOK TUNONG LANGSA

Vania Amira Ashandi (2021), ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI PADA PENGUNAAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DI SD NEGERI 1 PAYA BUJOK TUNONG LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pada masa pandemik proses pembelajaran di SD Negeri 1 Paya Bujok Tunong tetap melaksanakan proses pembelajaran di sekolah akan tetapi pembatasan jumlah siswa di kelas menjadi 2 bagian dimana dalam satu kelas terdapat dua kelompok belajar. Proses pembelajaran dilaksanakan secara bergantian sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 21 tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Peraturan Pemerintah ini dibuat untuk percepatan penanganan corona virus disease (covid-19) sehingga proses pembelajaran siswa lebih banyak dilakukan dirumah secara mandiri dan  di rumah orang tua kurang mampu membantu anak nya untuk melakukan proses pembelajaran di rumah . Adapun  dimasa  pandemik ini proses pembelajaran siswa disekolah  juga dipengaruhi  oleh kemampuan  dan ketepatan guru dalam memilih  dan menggunakan metode   dalam proses pembelajaran  salah satu metode nya adalah problem based learning. Problem based learning dapat membuat siswa belajar melalui upaya penyelesaian masalah dunia nyata (real world problem) secara terstruktur untuk mengonstruksi penegatahuan peserta didik dan  nilai pendidikan karakter mandiri juga ada didalam atau ditransmisikan melalui strategi problem based learning. Penelitian  ini berjudul analisis pendidikan karakter mandiri pada pengunaan metode problem based learning di SD Negeri 1 payabujok tunong  yang memiliki rumusan masalah  bagaimana nilai pendidikan karakter mandiri siswa kelas V di SD Negeri 1 Payabujok Tunong Langsa melalui penggunaan metode problem based learning. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, adapun tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai pendidikan karakter mandiri siswa kelas V di SD Negeri 1 Payabujok Tunong Langsa melalui penggunaan metode problem based learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode deskriptif Adapun subjeknya guru kelas, orang tua siswa dan siswa di kelas V SD Negeri 1 Paya Bujok Tunong Langsa dan objeknya  pendidikan karakter mandiri pada penggunaan metode problem based learning. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode problem based learning yang dimana proses pemecahan masalah secara individu dapat membentuk siswa mandiri. Adapun saran untuk peneliti lain bisa melakukan dikelas lain lebih mendalam dan lebih lama di karenakan penelitian ini cukup singkat di masa pandemik ini dan harus mengikuti peraturan di masa pandemik ini.

Kata kunci : Pendidikan Karakter Mandiri, Metode Problem Based Learning

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Vania Amira Ashandi
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2021)
Tanggal disimpan : 09-07-2021 16:46
Terakhir diubah : 02-08-2021 11:01
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1424
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!