PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENGURANGI RISIKO BENCANA BANJIR DI LINGKUNGAN GAMPONG PONDOK KEUMUNING KECAMATAN LANGSA LAMA KOTA LANGSA

Mahlia Umin (2021), PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENGURANGI RISIKO BENCANA BANJIR DI LINGKUNGAN GAMPONG PONDOK KEUMUNING KECAMATAN LANGSA LAMA KOTA LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Partisipasi merupakan keikutsertaan suatu kelompok masyarakat yang paling banyak mengalami kerugian dan menjadi korban bencana alam, terutama masyarakat Gampong Pondok Keumuning yang terdampak banjir akibat meluapnya sungai Krueng Langsa. Hal tersebut dapat dilihat pada tahap pra bencana, tanggap darurat bencana, dan pasca bencana. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat partisipasi masyarakat dalam mengurangi risiko bencana banjir di lingkungan Gampong Pondok Keumuning. Penelitian ini dilakukan di Gampong Pondok Keumuning, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Gampong Pondok Keumuning yaitu 2637 jiwa (Laporan Kependudukan, 2020). Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 97 responden dari hasil perhitungan rumus Sloving. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan menggunakan metode Survey. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: Observasi, Kuesioner, dokumentasi. Intrumen yang digunakan adalah kuesioner penelitian dan data yang diolah menggunakan skala likert. Hasil dari penelitian ini yaitu terdiri dari tiga indikator terhadap tingkat partisipasi masyarakat dalam mengurangi risiko bencana banjir, meliputi: (1) tingkat pra bencana 38,7%, (2) tingkat tanggap darurat 43,6%, (3) pasca bencana 39,4%. Maka hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat partisipasi masyarakat dalam mengurangi risiko bencana banjir terbilang rendah dan sedang. Untuk itu, sangat perlu untuk meningkatkan partisipasi, pengetahuan, kesadaran diri, serta sikap kesiapsiagaan dalam diri guna meminimalisir kerugian yang diakibatkan oleh bencana banjir, serta selalu mengikuti informasi kebencanaan dari istansi terpercaya.

Kata kunci : Partisipasi masyarakat, bencana banjir, pondok keumuning

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Mahlia Umin
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Geografi (2021)
Tanggal disimpan : 24-06-2021 07:25
Terakhir diubah : 30-06-2021 23:07
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1376
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!