ANALISIS PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER YANG TERKANDUNG DALAM BUKU CERITA ANAK “MANIK-MANIK YANG SEINDAH PELANGI”

Putri Dwi Windari (2021), ANALISIS PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER YANG TERKANDUNG DALAM BUKU CERITA ANAK “MANIK-MANIK YANG SEINDAH PELANGI” . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Peranan buku cerita anak dapat digunakan sebagai buku bacaan dalam pelaksanaan pendidikan karakter untuk menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai karakter yang diharapkan menjadi salah satu solusi dalam mengatasi persoalan karakter bangsa saat ini. Salah satu media buku yang dapat digunakan dalam pelaksanaan pendidikan karakter adalah buku cerita anak “Manik-manik Yang Seindah Pelangi”. Buku cerita ini merupakan kumpulan cerita anak-anak Indonesia yang beredukasi dan dilengkapi dengan panduan bergambar yang mengemas nilai-nilai karakter yang dapat diharapkan mampu membangun karakter yang positif dan dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai-nilai karakter yang terkandung dalam buku cerita anak Manik-Manik Yang Seindah Pelangi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, sumber data primer yaitu buku cerita anak Manik-manik yang Seindah Pelangi dan sumber data sekunder dengan menggunakan buku yang berhubungan dengan judul penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis konten (Content). Metode ini digunakan untuk menganalisis nilai-nilai karakter yang terkandung pada isi cerita buku cerita anak Manik-manik Yang Seindah Pelangi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada buku cerita terdapat dua belas nilai karakter diantaranya yaitu nilai: (1) religius, (2) jujur, (3) kerja keras, (4) kreatif, (5) mandiri, (6) rasa ingin tahu, (7) menghargai prestasi, (8) bersahabat/komunikatif, (9) cinta damai, (10) gemar membaca, (11) peduli sosial, (12) tanggung jawab. Saran dalam penelitian ini diharapkan kepada mahasiswa agar dapat mengembangkan buku-buku cerita anak-anak Indonesia sebagai salah satu referensi buku bacaan yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran dan sumber belajar untuk anak-anak. Bagi pengajar agar dapat menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter sebagai media buku cerita anak serta dapat menambah wawasan baru terkait buku-buku yang bermuatan pendidikan karakter. Bagi orangtua agar dapat menanamkan dan mengembangkan kebiasaan perilaku baik terhadap anak yang terangkum dalam pendidikan karakter ketika dewasa kelak.

Kata kunci : Analisis, Nilai Karakter, Buku Cerita Anak

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Putri Dwi Windari
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2021)
Tanggal disimpan : 22-06-2021 12:35
Terakhir diubah : 23-06-2021 16:11
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1348
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!