KINERJA PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH IKAN DEPIK (RASBORA TAWARENSIS) YANG DIBERI DAPHNIA SP. DENGAN PEMBERIAN PAKAN YANG BERBEDA

Cut Nur Delima (2021), KINERJA PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH IKAN DEPIK (RASBORA TAWARENSIS) YANG DIBERI DAPHNIA SP. DENGAN PEMBERIAN PAKAN YANG BERBEDA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Ikan depik (Rasbora tawarensis) merupakan ikan salah satu jenis ikan air tawar yang hidup di Danau Laut Tawar Kabupaten Aceh Tengah. Ikan depik adalah ikan endemik yang bersifat pelagis Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui pakan terbaik bagi (Daphnia sp.) Terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih ikan depik (Rasbora tawarensis). Metode yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan yaitu P1 (Daphnia sp. diberi Pelet bubuk). P2 (Daphnia sp. diberi pakan ragi). P3 (Daphnia sp. diberi pakan Spirulina) dan P4 (Daphnia sp. diberi Pakan Green water). Setiap perlakuan menggunakan benih berukuran 2-3 cm. Parameter yang diamati selama penelitian yaitu kualitas air,  survival rate (SR), pertumbuhan berat mutlak (PBM), pertumbuhan panjang mutlak (PPM), dan laju pertumbuhan spesifik (SGR) . Hasil pengamatan berdasarkan analisis sidik ragam di peroleh hasil bahwa perlakuan yang diberi pakan berbeda pada Daphnia sp. Berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap Pertumbuhan bobot mutlak, Pertumbuhan Panjang Mutlak namun tidak berpengaruh nyata terhadap Laju Pertumbuhan spesifik dan Kelangsungan hidup. Perlakuan terbaik pemberian pakan yang berbeda pada penelitian ini yaiu pada perlakuan P2 (pemberian pakan ragi) dan P3 (pemberian pakan spirulina).

Kata kunci : Ikan Depik, Daphnia Sp., Spirulina, Ragi, Green Water Dan Pelet Bubuk.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Cut Nur Delima
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Akuakultur/Budidaya Perairan (2021)
Tanggal disimpan : 03-06-2021 10:14
Terakhir diubah : 08-06-2021 10:15
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1303
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!