IMPLEMENTASI E-LEARNING DENGAN GOOGLE MEET DAN GOOGLE FORM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 2 SERUWAY

Riki Candra (2021), IMPLEMENTASI E-LEARNING DENGAN GOOGLE MEET DAN GOOGLE FORM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 2 SERUWAY . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa merupakan salah satu aspek terpenting dalam belajar matematika. Namun pada fakta di lapangan terdapat rata-rata siswa masih memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis yang rendah. Sehingga diperlukan solusi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan implementasi model pembelajaran E-Learning dengan Google Meet dan Google Form pada materi peluang untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah diimplementasikan E-Learning dengan Google Meet dan Google Form pada materi peluang di kelas VIII di SMP Negeri 2 Seruway.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen satu kelas. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa/i kelas VIII SMP Negeri 2 Seruway yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 58 siswa. Sedangkan Sampel penelitian di kelas VIII-A SMP Negeri 2 Seruway yang berjumlah 16 siswa tahun ajaran 2020/2021 yang ditentukan dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan pre-test dan post-test. Tes yang digunakan berbentuk uraian yang terlebih dahulu sudah divalidasi oleh bantuan 3 validator, yaitu 1 orang dosen pendidikan matematika Universitas Samudra dan 2 orang guru SMP Negeri 2 Seruway.


Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa  = 8,26 > ttabel(0,05;15) = 2,13 dapat disimpulkan untuk menolak H0 dan menerima Hα artinya pada taraf signifikan 5% bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII-A di SMP Negeri 2 Seruway setelah diimplementasikan e-learning dengan google meet dan google form pada materi peluang.


Saran yang diajukan yaitu hasil penelitian ini dalam proses belajar mengajar secara daring hendaknya pihak sekolah membuat panduan e-learning untuk siswa/i SMP Negeri 2 Seruway agar lebih mudah beradapatasi dengan penggunaan aplikasi dan media dan sekolah menyediakan dan memfasilitasi agenda seminar dan sosialisasi berkaitan adaptasi proses belajar mengajar secara daring sebulan sekali.


 

Kata kunci : Model Pembelajaran E-Learning, Google Meet, Google Form, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Riki Candra
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2021)
Tanggal disimpan : 21-05-2021 11:13
Terakhir diubah : 31-05-2021 02:07
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1280
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!