IMPLEMENTASI MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERMEDIAKAN APLIKASI ALGEBRATOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 1 PANTE BIDARI

Siti Nurhaliza (2021), IMPLEMENTASI MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERMEDIAKAN APLIKASI ALGEBRATOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 1 PANTE BIDARI . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa merupakan salah satu aspek terpenting dalam belajar matematika. Namun pada fakta di lapangan terdapat rata-rata siswa masih memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis yang rendah. Sehingga diperlukan solusi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan implementasi model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Bermediakan Aplikasi Algebrator pada materi perpangkatan dan bentuk akar untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah diimplementasikan model pembelajaran Team Games Tournamen (TGT) Bermediakan Aplikasi Algebrator pada materi perpangkatan dan bentuk akar di kelas IX SMP Negeri 1 Pante Bidari.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen satu kelas. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Pante Bidari yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 110 siswa. Sedangkan sampel penelitian di kelas IX SMP Negeri 1 Pante Bidari yang berjumlah 24 siswa tahun ajaran 2020/2021 yang ditentukan dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan pretest dan posttest. Tes yang digunakan berbentuk uraian yang terlebih dahulu sudah divalidasi oleh bantuan 3 validator, yaitu 1 orang dosen pendidikan matematika Universitas Samudra dan 2 orang guru SMP Negeri 1 Pante Bidari.


Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa thitung = 9,12 > ttabel(0,05;23) = 2,06 dapat disimpulkan untuk menolak H0 dan menerima Hα artinya pada taraf signifikan 5% bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas IX-5 di SMP Negeri 1 Pante Bidari setelah diimplementasikan model pembelajaran team games tournament bermediakan aplikasi algebrator pada materi perpangkatan dan bentuk akar.


Saran yang diajukan bagi guru yaitu model pembelajaran yang baik dalam penelitian ini hendaknya dijadikan referensi setiap pengajar dalam memilih model pembelajaran yang tepat untuk digunakan dalam usahanya mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, bagi siswa yaitu hendaknya selalu interaktif dan bersemangat dalam proses belajar, hal tersebut bertujuan untuk siswa mampu memahami materi pembelajaran dengan mudah dan untuk penelitian lebih lanjut hendaknya penelitian ini dapat dilengkapi dengan meneliti aspek lain secara lebih terperinci yang belum terjangkau oleh peneliti saat ini.

Kata kunci : Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT), Algebrator, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Siti Nurhaliza
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2021)
Tanggal disimpan : 21-05-2021 11:11
Terakhir diubah : 31-05-2021 03:33
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1279
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!