ADSORPSI LOGAM KROM (CR) DAN LOGAM BESI (FE) PADA LIMBAH TEKSTIL MENGGUNAKAN ADSORBEN ARANG AKTIF DARI TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (TKKS)

Nur Harliananda (2021), ADSORPSI LOGAM KROM (CR) DAN LOGAM BESI (FE) PADA LIMBAH TEKSTIL MENGGUNAKAN ADSORBEN ARANG AKTIF DARI TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (TKKS) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Limbah tekstil merupakan suatu limbah yang dihasilkan pada proses pewarnaan pakaian yang mengandung logam-logam berat diantaranya logam Cr (krom) dan logam Fe (besi). Arang aktif Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) merupakan material yang mengandung lignoselulosa dan gugus-gugus fungsional seperti hidroksil (OH) dan karbonil (C=O) sehingga efektif digunakan untuk mengadsorpsi logam Cr dan logam Fe pada limbah tekstil. Pada penelitian ini, arang TKKS diaktivasi secara kimia menggunakan aktivator H3PO4 dan dilanjutkan aktivasi secara fisika menggunakan furnace pada suhu 400oC selama 1 jam. Karakterisasi terhadap arang aktif TKKS dilakukan menggunakan Fourier Transform Infra Red (FTIR) dan Scanning Electron Microscopy (SEM), sedangkan kemampuan adsorpsi arang aktif TKKS terhadap logam Cr dan logam Fe pada limbah tekstil ditentukan menggunakan Atomic Absorption Spectrophotometry (AAS). Berdasarkan hasil analisis FTIR diketahui bahwa arang aktif TKKS mengandung gugus fungsional diantaranya gugus hidroksil (OH), karbonil (C=O) dan aromatik sedangkan analisis morfologi permukaan menggunakan SEM memperlihatkan arang aktif dari TKKS memiliki pori yang lebih besar dan lebih porous dibandingkan dengan arang dari TKKS. Hasil analisis AAS menunjukkan bahwa adsorpsi logam Cr dan logam Fe pada limbah tekstil menggunakan arang aktif dari TKKS terjadi pada pH optimum 2 dengan nilai konsentrasi masing-masing 0,017 ppm dan 0,951 ppm. Semakin besar jumlah penambahan adsorben maka semakin kecil daya adsorpsinya. Hal ini terjadi karena kondisi permukaan adsorben yang telah jenuh dan interaksi antar permukaan adsorben dan adsorbat lemah sehingga adsorbat terlepas kembali setelah proses adsorpsi.

Kata kunci : Limbah Tekstil, Logam Cr, Logam Fe, Adsorpsi, Arang Aktif, Tandan Kosong Kelapa Sawit

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nur Harliananda
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : MIPA Kimia (2021)
Tanggal disimpan : 17-05-2021 12:01
Terakhir diubah : 28-05-2021 08:21
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1273
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!