EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING DAN TRANSFERING (REACT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA

Sinta Sari Sihotang (2021), EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING DAN TRANSFERING (REACT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kemampuan pemahaman matematis siswa masih rendah. Rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa, dikarenakan siswa cenderung menghafal rumus, mencontoh, tidak terlibat aktif dalam proses pembelajaran sehingga tidak dapat memahami permasalahan dan menerapkan rumus untuk menyelesaikannya. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut dengan penerapan strategi REACT untuk mengajak siswa mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari dan terlibat aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah penerapan strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating dan Transfering (REACT) efektif terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. Metode yang digunakan pada penelitian adalah metode deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 1 Darul Aman yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 98 siswa. Sampel dalam penelitian adalah kelas VII-A SMP Negeri 1 Darul Aman, berjumalah 18 siswa yang ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling. Adapun instrumen dalam penelitian ini adalah: (1) tes kemampuan pemahaman matematis 5 soal uraian, (2) lembar observasi aktivitas siswa dan guru, dan (3) Angket Respon siswa berbentuk skala likert dengan empat option jawaban. Hasil penelitian menunjukkan: penerapan strategi REACT efektif terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Darul Aman, Aktivitas siswa selama pembelajaran dengan penerapan strategi REACT dikategorikan baik dan aktivitas guru dalam pengelolaan pembelajaran dengan penerapan strategi REACT dikategorikan baik, serta hampir setengahnya siswa telah memiliki respon baik terhadap matematika dengan penerapan strategi REACT. Diharapkan kepada guru matematika untuk dapat menerapkan strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating dan Transfering (REACT) dalam pembelajaran matematika. Dikarenakan pembelajaran menggunakan strategi REACT efektif terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa dan juga disarankan agar siswa mampu mengaitkan dan menerapkan materi dalam kehidupan sehari-hari serta diharapkan agar calon pendidik menjadikan penelitian ini sebagai bahan masukkan pendidikan masa depan.

Kata kunci : Efektivitas, Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating dan Transfering (REACT), Kemampuan Pemahaman Matematis

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Sinta Sari Sihotang
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2021)
Tanggal disimpan : 11-05-2021 10:56
Terakhir diubah : 11-05-2021 02:33
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1271
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!